(Badminton Asia Team Championships) Patriot Indonesia Langsung Jajal 'Medan Perang'

Tim putra Indonesia saat melakukan latihan perdana di Rizal Memorial Coliseum, Manila, Filipina, Minggu (9/2).
Tim putra Indonesia saat melakukan latihan perdana di Rizal Memorial Coliseum, Manila, Filipina, Minggu (9/2). (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Tim Indonesia memaksimalkan persiapan terakhir jelang kejuaraan Badminton Asia Team Championships 2020 dengan melakukan uji coba lapangan di Rizal Memorial Coliseum, Manila, Filipina, Minggu (9/2). Pada sesi latihan kali ini, Kevin Sanjaya Sukamuljo cs lebih difokuskan untuk pemanasan dan adaptasi dengan kondisi di 'Medan Perang'.

Manajer tim Indonesia, Susy Susanti mengatakan bila para Patriot Merah Putih dalam kondisi yang prima dan siap bertanding. “Kondisi tim cukup baik, semua sehat, itu yang paling utama, yang paling penting. Kita harus benar-benar jaga. Hari ini pertama kali latihan di arena pertandingan, semua berjalan lancar. Yang paling utama itu memang kita fokus menjaga kesehatan atlet dan mereka bisa main maksimal, jelas Susy Susanti seperti dikutip dari Badmintonindonesia.org.

Pada sesi latihan perdana ini, kondisi di Rizal Memorial Coliseum, Manila, Filipina, terpantau belum seratus persen rampung karena pertandingan baru akan dimulai 11 Februari mendatang. Dengan demikian, maka tim Indonesia dan beberapa peserta negara lainnya masih belum bisa maksimal menyesuaikan diri dengan cahaya dan kondisi angin di lapangan pertandingan. Sebab beberapa lampu dan pendingin ruangan belum diaktifkan.

Sementara itu, Susy juga menanggapi informasi terkait dibatalkannya kegiatan Welcome Dinner Badminton Asia Team championships 2020 demi menjaga kondisi para atlet di tengah merebaknya wabah virus Corona.

“Iya, gala dinner batal, karena situasi lagi begini. Memang alangkah baiknya kalau tidak berkumpul dengan banyak orang, kita mesti protect diri, jaga diri dan selalu dalam kondisi baik, ujarnya.

Di sisi lain, tim Tiongkok dan Hong Kong dikabarkan tidak dapat mengikuti turnamen ini terkait wabah virus Corona. Namun setelah dikonfirmasi Kasubid Hubungan International PP PBSI, yang juga perwakilan Badminton Asia Confederation, Bambang Roedyanto, informasi tersebut baru dapat dipastikan usai managers meeting Badminton Asia Team Championships 2020 yang akan dilangsungkan, Senin (10/2), pada pukul 14.00 waktu setempat.

Konfirmasi ini juga tentunya akan menentukan apakah ada kemungkinan untuk diadakan re-draw atau pengundian ulang. “Memang besok baru akan ditentukan, apakah ada re-draw, atau bagaimana. Kita siap saja, situasi seperti ini kan ada yang bisa diuntungkan, ada yang dirugikan, namanya pertandingan dan situasinya begini, jadi ya kalau dari kita sih siap saja, mau lawan siapa pun, tegasnya.

Berdasarkan hasil undian awal, tim putra Indonesia berada di grup A bersama India dan dan tuan rumah, Filipina. Sedangkan tim putri Indonesia akan memghuni grup Y bersama Thailand dan Filipina.