(Badminton Asia Team Championships) Ruselli Menang, Indonesia Kalahkan Filipina 3-0

Ruselli Hartawan (Indonesia) menyambut pengembalian.
Ruselli Hartawan (Indonesia) menyambut pengembalian. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Tunggal putri kedua Indonesia, Ruselli Hartawan berhasil menjadi penentu kemenangan tim Merah Putih atas Filipina dengan skor sementara 3-0 di babak penyisihan Grup Y Badminton Asia Team Championships 2020. Menghadapi Maria Bianca Ysabel Carlos di Rizal Memorial Coliseum, Manila, Filipina, Rabu (12/2), Ruselli menang straight game 21-10 dan 21-18.

“Saya bersyukur bisa menambah poin untuk tim dan menang. Kalau melihat kekuatan kan memang tim kita harus menang, prediksinya memang 3-0 duluan, semoga bisa menang 5-0,” kata Ruselli Hartawan usai bertanding.

Pebulutangkis tunggal putri asuhan PB Jaya Raya Jakarta ini mampu menguasai jalannya pertandingan sedari awal hingga akhir. Ruselli bahkan tampil dengan tidak memberikan kesempatan untuk lawan mengembangkan permainannya. Pada game pertama, Ruselli mampu menjaga keunggulan dengan selisih poin cukup jauh, 18-8.

Memasuki game kedua, Ruselli mengaku bila dirinya sedikit mengendurkan permainan sehingga sempat terjadi kejar-kejaran angka. Namun pada akhirnya, Ruselli tetap mampu mengendalikan permainan di poin-poin kritis dan menyudahi pertarungan dengan kemenangan dua game langsung.

“Memang agak kendur sedikit di game kedua, karena di game pertama sudah enak mainnya. Lawan hari ini cukup ulet, dia mau mengejar bola hingga ke sudut lapangan. Saya sudah antisipasi ini saat akhir game kedua, jadi saya lebih siap,” jelasnya.

Meski sudah memastikan kemenangan 3-0 atas tim tuan rumah, namun dua partai lagi harus tetap dimainkan untuk penghitungan poin klasemen grup Y.

Sebelumnya, tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung dan ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil menyumbangkan poin kemenangan untuk tim Indonesia. Gregoria menang 19-21, 21-11 dan 21-9 atas Airah Mae Nicole Albo. Sementara Greysia/Apriyani mampu mengalahkan Alyssa Yasbel Leonardo/Thea Marie Pomar dengan skor 21-18 dan 21-12.