BAJC 2024 - "Kami Menganggap, Semua Lawan Sama"

Muhammad Hafizh Deedat Baryadi/Calvin Valentino Sifen Tan (Humas PP PBSI)
Muhammad Hafizh Deedat Baryadi/Calvin Valentino Sifen Tan (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Yogyakarta | Ganda putra Indonesia Pulung Ramadhan/Anselmus Breagit Fredy Prasetya memulai perjalanan di turnamen Badminton Asia Junior Championships (BAJC) 2024 dengan apik. Mereka sukses melangkah ke 16 besar. Bertanding di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Kamis (4/7), Anselmus/Pulung berhasil mengatasi perlawanan wakil Kazakhstan, Otabek Kamilov/Arnur Tapishev, dengan skor 21-10, 21-5.

Di pertandingan ini, Anselmus/Pulung berupaya untuk beradaptasi kembali dengan kondisi GOR Amongrogo. Dengan tampil lebih menekan, Pulung/Anselmus mampu meraih kemenangan dua gim langsung dalam tempo 17 menit. "Bersyukur melewati pertandingan perdana di nomor individual dengan baik. Kami mencoba untuk beradaptasi dengan kondisi lapangan kembali. Rasanya tentu berbeda dengan bermain di nomor perorangan untuk kami berupaya beradaptasi dengan cepat," ungkap Pulung melalui siaran pers Humas PP PBSI.

Dengan kemenangan ini, Anselmus/Pulung akan berhadapan melawan wakil Taiwan, Chi Ruei Chiu/Shao Hua Chiu, yang pada laga sebelumnya mengalahkan ganda putra Jepang, Shuji Sawada/Masato Yamashiro dengan skor 21-13, 21-10. "Kami akan bermain tanpa beban pada setiap babaknya. Kami tidak merasa terbebani dengan harapan tinggi fans bulu tangkis Indonesia. Kami berharap bisa menunjukkan performa terbaik," ujar Pulung.

Dua ganda putra Indonesia lainnya yang melangkah ke babak 16 besar adalah Muhammad Hafizh Deedat Baryadi/Calvin Valentino Sifen Tan dan Karsten Spencer Darma/Dapa Lesmana.

Hafiz/Calvin meraih tiket babak 16 besar seusai menumbangkan wakil Vietnam, Le Minh Son/Nguyen Dinh Dat, dengan skor 21-18, 21-9.

Kemenangan ini disambut baik Hafizh/Calvin yang mengaku sudah mulai menikmati pertarungan pada BAJC 2024. Dengan bermain lebih tenang, Hafizh/Calvin mampu melangkah ke babak ketiga seusai meraih kemenangan dalam tempo 25 menit. "Kami menganggap semua lawan sama. Untuk itu kami mempersiapkan diri dengan baik. Target kami tentu ingin menjadi yang terbaik. Untuk saat ini, kami berupaya untuk bermain lebih baik pada setiap babaknya," ucap Hafizh.

Di babak 16 besar Hafizh/Calvin akan berhadapan melawan pemenang laga antara Kenta Matsukawa/Yuto Nakashizu (Jepang) dan Loh Ziheng/Tan Zhi Yang (Malaysia).

Menyusul Anselmus/Pulung dan Hafizh/Calvin melaju ke 16 besar ada Karsten Spencer Darma/Dapa Lesmana yang berhasil mengatasi perlawanan ganda putra Uni Emirat Arab, Dev Ayyappan/Dhiren Ayyappan, lewat pertarungan ketat dengan skor 17-21, 21-15, 21-16.

Karsten/Dapa bermain dengan apik di laga ini sehingga bisa meraih kemenangan atas pasangan asal Uni Emirat Arab itu. "Lawan jelas memiliki pengalaman. Mereka bermain dengan tenang. Kami mencoba meladeni perlawanan mereka. Saat kondisi sulit kami mencoba untuk tetap fokus mengingat lawan bisa memberikan perlawanan sepanjang laga," demikian Karsten.