Bangka Belitung Siap!

Suasana GOR Sahabudin, Pangkalpinang, Bangka Belitung.
Suasana GOR Sahabudin, Pangkalpinang, Bangka Belitung. (Foto: Djarumbadminton.com)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tengah ‘bersolek’ mempersiapkan diri jelang Indonesia Masters 2018 Super 100 yang akan berlangsung di GOR Sahabudin kota Pangkalpinang pada 18-23 September mendatang. Berbagai persiapan tengah dilakukan demi kelancaran turnamen yang merupakan rangkaian tur bulutangkis BWF 2018.

Bangka Belitung Indonesia Masters 2018 Super 100 ini dipastikan tidak sepi peminat. Sebanyak 364 pebulutangkis dari 14 negara di dunia akan ikut ambil bagian untuk memperebutkan total hadiah sebesar 75.000 dollar Amerika.

Sekretaris Jenderal PP PBSI, Achmad Budiharto mengatakan, persiapan di GOR Sahabudin dalam menyambut Indonesia Masters 2018 Super 100 akan dititikberatkan pada kondisi lantai dan pencahayaan lapangan agar mencapai standar yang ditentukan untuk turnamen internasional.

"Tahun lalu Bangka Belitung sukses menggelar Kejurnas, turnamen tertinggi di tingkat nasional. Karena itu Pemda Kepulauan Bangka Belitung ingin meningkatkan lagi misi pariwisata olahraga mereka dengan menggelar turnamen internasional untuk menarik turis-turis berkunjung ke Kepulauan Bangka Belitung khususnya kota Pangkalpinang,” kata Budiharto.

Indonesia Masters 2018 Super 100 sendiri merupakan turnamen ketiga tingkat Internasional bagi Indonesia setelah Daihatsu Indonesia Masters 2018 pada Januari dan Blibli Indonesia Open 2018 di bulan Juli lalu. Ini juga menjadi pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah turnamen berlevel Super 100 yang setara dengan Grand Prix.

"Indonesia Masters Super 100 akan digelar di Pangkalpinang, Kepualuan Bangka Belitung. Pemilihan ini didasari keselarasan tujuan dan misi antara pemda Kepulauan Bangka Belitung dengan PBSI. Pemda Kepualauan Bangka Belitung saat ini sedang menggaungkan pariwisata olahraga di daerahnya dan PBSI sendiri ingin menggelar turnamen internasional tidak hanya di pulau Jawa saja. Jadi seperti gayung bersambut,” paparnya.

Sementara itu, sejumlah pebulutangkis top yang dimiliki Indonesia seperti Fitriani, Ihsan Maulana Mustofa dan Firman Abdul Kholik akan turut meramaikan perebutan tahta juara. Sedangkan Korea akan menurunkan tunggal putra Lee Hyun Il dan pasangan ganda putra yang baru kembali setelah absen cukup lama Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol.

Sudah siap untuk Bangka Belitung Indonesia Masters 2018 Super 100?