BATC 2022 - Yonathan Belajar dari Tekanan Kejuaraan Beregu

Yonathan Ramlie (Humas PP PBSI)
Yonathan Ramlie (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Selangor | Yonathan Ramlie memetik pelajaran berharga dari laga perdananya di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu (BATC) 2022. Yonathan, yang menggantikan Christian Adinata sebagai tunggal putra ketiga pada partai pamungkas melawan India, Jumat (18/2), kalah dari Mithun Manjunath lewat pertarungan tiga gim 12-21 21-15 17-21.

Melalui keterangan persnya, PP PBSI menyatakan bahwa Yonathan sudah tampil bagus di gim kedua, namun tak berhasil mengemban misi. "Banyak pelajaran yang saya dapat dari kekalahan ini," tanggap Yonathan, usai berlaga di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia.

"Main di beregu itu beda dengan turnamen. Sebenarnya saya ingin juga menyumbangkan angka," Yonathan, menambahkan.

Susunan regu putra "Merah Putih" yang diturunkan lawan India berubah. Yonathan yang masuk menggantikan Christian, sementara Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan diistirahatkan.

Pelatih tunggal putra pelatnas bulu tangkis Indonesia, Harry Hartono, mengungkapkan, dipilihnya Yonathan untuk menggantikan Christian, karena dari segi kualitas, permainan dua atlet muda ini seimbang. Yonathan pun perlu mendapat kesempatan untuk turun bermain dan merasakan atmosfer kejuaraan beregu seperti BATC.

"Ini juga untuk memberi jeda istirahat kepada Christian yang sebelumnya bermain ketat dan menguras mental saat lawan Korea Selatan," katanya.

"Selain itu juga untuk jaga-jaga karena selama persiapan di pelatnas, lutut Christian sempat cedera," tambah Harry.

Tim putra Indonesia berhasil keluar sebagai juara Grup A BATC 2022, setelah menang 3-2 atas India. Yonathan dan kawan-kawan tampil dengan penuh semangat.