BWF Segera Umumkan Jadwal Baru

Sekretaris Jenderal BWF, Thomas Lund.
Sekretaris Jenderal BWF, Thomas Lund.
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) melalui Sekretaris Jendral Thomas Lund menyebutkan bila jadwal terbaru turnamen reguler dan tur dunia 2020 yang sempat ditangguhkan akibat wabah COVID-19 akan segera diumumkan. Diketahui sejak 16 Maret lalu, BWF mengeluarkan kebijakan untuk menunda semua turnamen dan membekukan sementara ranking dunia serta poin kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020.

Turnamen bulutangkis ini, dikatakan Lund akan kembali dilanjutkan sesegera mungkin setelah pandemi berakhir. Lund juga menuturkan bila kebijakan larangan perjalanan internasional dari tiap-tiap negara, menjadi salah satu kendala terbesar untuk memberikan gambaran terkait jadwal dimulainya kompetisi.

“Kami bersiap untuk memulai kompetisi sesegera mungkin, termasuk merumuskan kalender terbaru turnamen BWF untuk 2020 dan akan segera diumumkan,” kata Thomas Lund dalam sebuah pernyataan kepada AFP, mengutip dari Indosport.com.

“Tetapi pada saat ini, sulit untuk memprediksi kapan pergerakan internasional dan pembatasan akan dicabut masing-masing negara dan wilayah untuk menjamin para pemain, rombongan, pejabat dan staf mereka dapat berpartisipasi dalam turnamen dengan aman,” lanjutnya menambahkan.

Akibat pandemi ini, semua jadwal dan rangkaian kegiatan olahraga di level dunia menjadi berantakan. Bahkan pesta olahraga multievent empat tahunan, Olimpiade Tokyo 2020 pun harus diundur pelaksanaannya menjadi 23 Juli hingga 8 Agustus 2021 mendatang.

Selain Olimpiade Tokyo 2020, putaran final Piala Thomas dan Uber 2020 pun terkena imbasnya. Kejuaraan beregu putra dan putri paling bergengsi di dunia ini mengalami dua kali perubahan jadwal dari yang direncanakan sebelumnya.

Putaran final Piala Thomas dan Uber 2020 ini semula dijadwalkan secara resmi pada Mei yang kemudian dipindahkan ke Agustus. Beberapa waktu lalu, BWF pun menjadwal ulang pelaksanaan putaran final Piala Thomas dan Uber 2020 menjadi 3 hingga 11 Oktober mendatang di Aarhus, Denmark.