BWF WTF 2023 - Pengalaman di Hangzhou Jadi Bekal Menuju Olimpiade

Anthony Sinisuka Ginting (Humas PP PBSI)
Anthony Sinisuka Ginting (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Kepala pelatih tunggal putra pelatnas bulu tangkis Indonesia Irwansyah berpendapat, performa Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie pada BWF World Tour Finals (WTF) 2023 telah menunjukkan peningkatan yang baik. Pencapaian Anthony dan Jonatan pada turnamen penutup tahun tersebut dapat menjadi bekal persiapan mereka menuju Olimpiade Paris 2024.

"Kejuaraan-kejuaraan yang dijalani setiap saat ini untuk memperbaiki yang masih kurang agar di puncak kejuaraan di Olimpiade nanti semuanya sudah menjadi istimewa," kata Irwansyah.

Antara melaporkan, Jonatan mengakhiri perjalanannya di BWF WTF 2023 sebagai semifinalis. Ia berhasil keluar sebagai runner-up Grup B dan kalah di babak empat besar dari wakil China, Shi Yu Qi dengan skor 16-21, 15-21.

"Untuk Jonatan Christie, dari permainannya di World Tour Finals ini menurut saya sudah luar biasa. Hanya tadi malam melawan Shi Yu Qi permainan nya terlalu mengikuti irama permainan lawan dan sedikit ragu untuk lebih menyerang, sehingga lawan pun menjadi percaya diri dengan pukulan-pukulan menyerangnya," jelas Irwansyah.

Sementara, Anthony finis di posisi ketiga Grup A dan mengoleksi dua kemenangan serta satu kekalahan di fase penyisihan grup. Ginting hanya menelan kekalahan dalam laga sengit melawan Viktor Axelsen asal Denmark melalui rubber game 21-6, 7-21, 13-21.

"Permainan Anthony Ginting sudah menunjukkan permainan yang luar biasa. Memang ada pola stroke yang harus dimajukan lagi untuk membuat Ginting menjadi satu pemain yang lebih komplit," ujar Irwansyah.

Ia berharap, pengalaman kedua pemain di sepanjang tahun 2023, terutama di turnamen pamungkas kemarin, bisa menjadi penambah semangat dan motivasi mereka jelang 2024, yang akan menjadi tahun sibuk untuk mengumpulkan poin kualifikasi Olimpiade Paris 2024. "Tapi dari keseluruhan, Ginting dan Jonatan sudah mencoba bermain semaksimal mungkin. Dan saya sebagai pelatih merasa cukup puas dan bangga dengan permainan mereka. Insya Allah di tahun 2024, mereka bisa mendapat gelar yang lebih banyak," demikian Irwansyah.