Canada Open 2024 - Okuhara Berburu Gelar Pertama

Nozomi Okuhara (Djarum Badminton)
Nozomi Okuhara (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Belasan tahun telah berlalu sejak kali terakhir Nozomi Okuhara menjuarai turnamen bulu tangkis Canada Open. Juara dunia 2017 asal Jepang ini masih nirgelar pada musim kompetisi 2024. Pebulu tangkis tunggal putri berusia 27 tahun tersebut berharap bisa kembali naik podium saat ia mengincar gelar pertamanya pada tahun ini.

Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) melalui lamannya mencatat, penampilan terbaik Okuhara adalah runner-up Indonesia Masters 2024 dan semifinalis Swiss Open 2024. Pada sejumlah turnamen tur dunia BWF lainnya, Okuhara kerap tersisih di babak-babak awal serta kalah seusai bertarung di babak delapan besar.

Menilik pada hasil drawing Canada Open 2024 --yang tidak diikuti oleh satu pun pemain dalam peringkat 10 besar dunia--, Okuhara berpeluang untuk menyamai prestasinya pada 2012, kala ia meraih gelar juara Grand Prix perdananya pada turnamen yang sama.

Sementara, pemain peringkat ke-11 dunia asal Amerika Serikat (AS), Beiwen Zhang, menempati unggulan teratas pada turnamen level BWF World Tour Super 500 ini. BWF menyebutkan, runner-up US Open 2024 itu berpeluang bertemu pemain favorit tuan rumah, Michelle Li, di babak empat besar.

Li memiliki rekor fantastis pada Canada Open, dengan torehan hat-trick gelar juara pada 2014, 2015, dan 2016, kemudian gelar keempatnya pada 2022.

Di sektor tunggal putra, unggulan kedua asal Jepang, Kodai Naraoka, akan bertemu rekan senegaranya, Koo Takahashi, di babak pertama. Sementara, tunggal putra asal Denmark, Anders Antonsen, akan berupaya untuk melanjutkan tren positifnya pada musim kompetisi 2024. Ia telah meraih tiga gelar juara pada tahun ini, dan berpeluang bertemu Rasmus Gemke (Denmark) atau Priyanshu Rajawat (India) di babak delapan besar.

BWF juga melaporkan dua pemain tunggal putra yang mundur dari US Open 2024, yaitu Lakshya Sen dan Kiran George asal India. Begitu pun dengan Mia Blichfeldt (Denmark) dan Malvika Bansod (India) di nomor tunggal putri. Sementara, Giovanni Toti (Italia), Sankar Muthusamy (India), Talia Ng (Kanada), serta Ishika Jaiswal (AS), mendapat promosi ke babak pertama.