China Open 2024 - Fajar/Rian Terhenti Lagi di Perempat Final

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Humas PP PBSI)
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Untuk ketiga kalinya berturut-turut, langkah ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto terhenti di perempat final. Seusai tersingkir di babak pertama Indonesia Open 2024 pada awal Juni lalu, pencapaian pasangan berperingkat ke-6 dunia itu adalah babak delapan besar pada Olimpiade Paris 2024, Japan Open 2024, serta China Open 2024.

Di perempat final China Open 2024 yang berlangsung di Olympic Sports Center Gymnasium, Changzhou, China, Jumat (20/9) malam waktu setempat, Fajar/Rian kalah dari Ong Yew Sin/Teo Ee Yi asal Malaysia. Unggulan keempat itu kalah setelah bertanding selama 58 menit dengan skor akhir 21-14, 17-21, 14-21.

"Kami kurang di penyelesaian akhir dan kurang tahan juga di gim ketiga," kata Rian melalui keterangan pers Humas PP PBSI.

Sementara, Fajar menilai, seusai mengunci kemenangan di gim pertama, Ong/Teo justru menemukan kepercayaan diri dan berhasil memaksakan pertandingan menuju gim ketiga. "Seperti yang saya bilang kemarin, lawan mempunyai pertahanan yang sangat rapat, tidak mudah ditembus dan itu terbukti di pertandingan kali ini," jelasnya.

"Kami sudah mencoba berbagai cara tapi memang lawan sangat baik dan kami banyak melakukan kesalahan," Fajar, menambahkan.

"Kami harus segera menemukan lagi cara mencari solusi bila sedang tertekan."

Sekitar sebulan lalu di Yokohama, pasangan Malaysia lainnya, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin, menyingkirkan Fajar/Rian di babak delapan besar Japan Open 2024. Goh/Izzuddin menang tiga gim 21-16, 10-21, 21-16 dalam tempo 54 menit.

Kekalahan di fase serupa juga dialami Fajar/Rian pada Paris 2024, saat menghadapi Liang Wei Keng/Wang Chang. Laga berkesudahan dengan skor 24-22, 22-20 bagi pasangan China tersebut.