(China Open Super Series Premier 2016) Jan O Bangga Juara di Tiongkok

Internasional ‐ Created by RYN

Dua tahun absen juara di level Super Series, Jan O Jorgensen akhirnya kembali menapaki podium tertinggi di China Open Super Series Premier 2016. Pada partai final, pebulutangkis Denmark itu mengalahkan atlet tuan rumah, Chen Long dengan skor 22-20 dan 21-13.

Jan O tampil mengejutkan publik Tiongkok. Pada game pertama, Jan O unggul 20-17. Chen Long sempat meraup tiga poin berturut-turut dan menyamakan poin 20-20. Namun Jan O kembali mengontrol permainan dan berhasil mengamankan game pertama, 22-20.

Sementara di game kedua, Chen Long kerap melakukan kesalahan yang dimanfaatkan Jan O untuk mencuri poin. Juara Olimpiade itu tak berkutik saat Jan O memastikan kemenangan dengan skor 21-13.

"Chen Long sangat stabil dan sulit dikalahkan. Saya harus bermain tenang dan fokus sepanjang pertandingan. Mungkin Chen Long tidak dalam performa terbaiknya, tapi saya harus memberi penghargaan pada diri saya sendiri untuk kemenangan ini," ujar Jan O.

"Bagi saya kemenangan ini merupakan sebuah terobosan. Saya bermain di final China Open 7 tahun lalu tapi kalah oleh Lin Dan. Saya sangat senang bisa menang kali ini," imbuhnya.

Sementara itu, Chen Long mengaku kecewa telah melewatkan gelar juara di rumahnya sendiri. Namun ia cukup puas telah berhasil sampai ke partai puncak.

"Ini adalah turnamen pertama saya setelah Olimpiade Rio. Saya senang bisa mencapai final," kata Chen Long.

Jan O terakhir kali meraih gelar Super Series di Indonesia Open 2014. Mimpinya meraih juara dikandaskan Lee Chong Wei di final Japan Open September silam, kalah dari Shi Yuqi di babak pertama Denmark Open, dan harus mengakui keunggulan Angus Ng Ka Long dari Hong Kong di French Open beberapa minggu lalu.