Denmark Open 2024 - Putri KW Petik Pelajaran Berharga

Putri Kusuma Wardani (Humas PP PBSI)
Putri Kusuma Wardani (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Putri Kusumawardani harus puas berstatus semifinalis Denmark Open 2024, setelah dihentikan oleh wakil China Wang Zhi Yi. Namun, atlet yang juga berprofesi sebagai polisi wanita itu memetik banyak pelajaran selama mengikuti turnamen bulu tangkis level BWF World Tour Super 750 tersebut, termasuk Arctic Open 2024 pada pekan lalu yang masuk dalam jadwal rangkaian tur Eropa kali ini.

Dalam laga di babak empat besar Denmark Open 2024, Putri kalah dua gim 20-22, 14-21 dari unggulan kedua tersebut, setelah bertarung selama 48 menit di Jyske Bank Arena, Odense, Denmark, Sabtu (19/10) pagi waktu setempat. "Mengucap syukur Alhamdulillah bisa menyelesaikan pertandingan tanpa cedera. Pertandingan hari ini cukup melelahkan, lawan bermain cukup baik, dan sulit untuk dimatikan," tanggapnya kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

"Beberapa kali saya memberi bola yang susah, tapi dia bisa mengatasi. Jadi di gim pertama dan gim kedua, saya menjadi terlalu nafsu untuk mengambil poin dari Wang Zhi Yi, karena dia benar-benar susah ditembus," Putri, memaparkan.

Sepekan lalu di Finlandia, pemain berperingkat ke-26 dunia itu hanya mampu mencapai babak 16 besar Arctic Open 2024. Ia mampu menghentikan wakil Denmark  Mia Blichfeldt di babak pertama dan kalah dari Supanida Katethong (Thailand) lewat dua gim.

Pada Denmark Open 2024, Putri mampu bangkit dengan membuat kejutan di babak pertama dengan menyingkirkan unggulan keenam Aya Ohori (Jepang), lalu menang atas Sung Shuo Yun (Taiwan), serta menumbangkan Yeo Jia Min (Singapura) di perempat final.

Secara umum, Putri menyatakan senang atas performanya dan ia merasa bermain cukup baik pada dua turnamen tersebut. "Tidak mudah juga saya mencapai babak semifinal dan ini juga menjadi semifinal pertama bagi saya di World Tour Super 750," tuturnya.

"Dan saya berkesempatan untuk melawan pemain-pemain top dunia, khususnya hari ini saya melawan Wang Zhi Yi. Saya belajar beberapa hal, salah satunya adalah saya harus lebih tahan dari pada dia dan harus lebih berani capek dari pertandingan tadi," Putri, menambahkan.

"Ya, semoga ke depan saya bisa lebih konsisten dengan performa saya di semua level pertandingan. Dan semoga nanti jika saya berkesempatan untuk main di World Tour Super 1000, saya bisa memberikan permainan yang lebih maksimal,  semoga hasilnya pun bisa lebih baik dari hari ini," pungkasnya.