Final BATC 2022 - Perjuangan Srikandi Indonesia Berujung Emas

Tim putri Indonesia juara BATC 2022 (Humas PP PBSI)
Tim putri Indonesia juara BATC 2022 (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Selangor | Perjuangan para pemain muda Indonesia di Malaysia berbuah manis. Skuad putri "Garuda Muda" dapat terbang tinggi sekaligus mengukir sejarah menjadi juara Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu (BATC) untuk kali pertama. Bendera Merah Putih pun bisa berkibar dan lagu kebangsaan "Indonesia Raya" berkumandang di arena untuk mengiringi kejayaan tim putri Indonesia.

Gregoria Mariska Tunjung, tunggal putri yang ditunjuk selaku kapten tim putri Indonesia, tampak begitu gembira dan lega. Para srikandi bulu tangkis Indonesia berhasil mencatatkan dua sejarah baru, pertama kali lolos ke final dan tampil sebagai juara beregu Asia untuk kali pertama. "Saya bangga dan bersyukur. Puji Tuhan, bisa membawa tim putri Indonesia juara," ujarnya, dalam siaran pers Humas PP PBSI, Minggu (20/2)

"Ini berkat kebersamaan dan kekompakan tim. Semua pemain tampil hebat dan penuh semangat," Gregoria, menambahkan.

Gregoria dan kawan-kawan mengantarkan Indonesia ke podium teratas BATC 2022, setelah mengalahkan Korea Selatan di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia, Minggu (20/2) siang waktu setempat.

Pada partai pembuka final beregu putri ini, Gregoria menang 21-9 21-10 dalam tempo 26 menit atas Sim Yu Jin. Namun, ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi gagal menyumbangkan poin usai dikalahkan Baek Ha Na/Seong Seung Yeon 15-21 21-14 14-21 dalam pertandingan berdurasi 65 menit.

Tunggal kedua yang turun di partai ketiga, Putri Kusuma Wardani, kembali membuat Indonesia unggul atas Korea Selatan. Dalam tempo 38 menit, Putri menyudahi perlawanan Lee Se Yeon dua gim langsung 21-10 21-18.

Marwah Nita Violina/Mayasari Lanny Tria, yang berlaga di partai keempat, menjadi penentu gelar juara bagi tim putra Indonesia Nita/Lanny menang dua gim 23-21 21-11 atas Kim Min Ji/Park Min Jeong.

Dengan kemenangan ganda kedua Indonesia tersebut, partai kelima yang sedianya mempertemukan Stephanie Widjaja dan Lee Seo Jin, tidak perlu digelar. Regu putri Indonesia telah mengantongi tiga kemenangan.

"Alhamdulillah, tim putri Indonesia berhasil membuat sejarah. Untuk pertama kali merebut gelar juara kejuaraan beregu Asia," kata pelatih tunggal putri pelatnas bulu tangkis Indonesia, Herli Djaenudin.

"Selamat untuk para pemain yang sudah berjuang hebat," pungkasnya.

Berikut hasil pertandingan final BATC 2022 tim putri Indonesia melawan Korea Selatan (3-1):

  • Gregoria Mariska Tunjung vs. Sim Yu Jin, 21-9, 22-10
  • Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi vs. Baek Ha Na/Seong Seung Yeon, 15-21, 21-14, 14-21
  • Putri Kusuma Wardani vs. Lee Se Yeon, 21-10, 21-18
  • Nita Violina Marwah/Lanny Tria Mayasari vs. Kim Min Ji/Park Min Jeong, 23-21, 21-11
  • Stephanie Widjaja vs. Lee Seo Jin (tidak dimainkan)