(Fuzhou China Open) Jonatan Melangkah ke Perempat Final

Jonatan Christie (Indonesia) menghadang pengembalian.
Jonatan Christie (Indonesia) menghadang pengembalian. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Indonesia kembali mengirimkan satu wakilnya ke babak perempat final Fuzhou China Open 2019 BWF World Tour Super 750. Kali ini giliran Jonatan Christie yang berhasil memastikan kemenangannya setelah menekuk tunggal putra Hong Kong, Lee Cheuk Yiu lewat pertarungan tiga game dengan skor 21-8, 12-21 dan 21-14 pada pertandingan yang berlangsung di Haixia Olympic Sports Center, Tiongkok, Kamis (8/11).

Usai mengamankan game pertama dengan kemenangan telak, penampilan Jonatan di game kedua justru antiklimaks dan cenderung menurun. Tunggal putra Indonesia peringkat tujuh dunia ini tertinggal jauh 4-11 di interval game kedua dan tidak bisa keluar dari tekanan. Namun memasuki game penentu, Jonatan berusaha bangkit dan mulai menemukan cara jitu untuk menghentikan Lee.

“Di game kedua saya merasa kurang siap, karena di game pertama menang dengan skor yang jauh. Tempo main game pertama pun beda sama di game kedua. Mungkin di game pertama lawan terkendala angin juga, ini yang saya alami di game kedua,” kata Jonatan Christie.

“Saya sempat ragu-ragu di game kedua karena banyak pukulan saya yang tidak pas. Di game ketiga, saya lebih paham lagi, dan lebih siap saat pindah lapangan. Bagaimana menyesuaikan dengan kondisi di lapangan,” lanjutnya menjelaskan.

Lolos ke babak perempat final Fuzhou China Open 2019 BWF World Tour Super 750, Jonatan akan berhadapan dengan tunggal putra Denmark, Anders Antonsen. Ini akan menjadi pertemuan keempat bagi kedua pebulutangkis. Kabar baiknya, pada dua pertemuan sebelumnya, di ajang Japan Open 2019 BWF World Tour Super 750 dan French Open 2019 BWF World Tour Super 750, Jonatan selalu memetik kemenangan atas Antonsen.

“Kita sudah sama-sama capek, karena sudah ikut turnamen beruntun dan hari ini pun dia tandingnya ramai, saya juga main tiga game. Sebisa mungkin saya harus balikin kondisi, ototnya harus dijaga. Shuttlecock-nya di sini lambat dan ada kalah-menang angin, jadi besok harus pintar-pintar terapkan pola main, lebih bisa gunakan stroke-nya,” tandasnya.

Dengan kemenangan Jonatan, maka Indonesia berhasil meloloskan empat wakilnya ke perempat final Fuzhou China Open 2019 BWF World Tour Super 750. Selain Jonatan, ada ganda putra peringkat satu dan dua dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan serta pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Sayangnya, ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari belum berhasil melewati babak 16 besar setelah dikalahkan wakil Malaysia, Goh Soon Huat/Shevon Jemie Lai dengan skor 21-23 dan 13-21.