(Fuzhou China Open) Rinov/Pitha Atasi Rintangan Perdana

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Indonesia) mengembalikan shuttlecock.
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Indonesia) mengembalikan shuttlecock. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Rintangan perdana di kejuaraan Fuzhou China Open 2019 BWF World Tour Super 750 berhasil dilalui pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari lewat kemenangan 21-13, 16-21 dan 21-15 atas ganda campuran Jepang, Yuki Kaneko/Misaki Matsutomo pada pertarungan yang berlangsung di Haixia Olympic Sports Center, Tiongkok, Selasa (5/11).

Menang di game pertama, Rinov/Pitha harus kehilangan game kedua setelah penampilannya cenderung menurun usai jeda interval. Alhasil, kedua pasangan inipun harus melanjutkan duelnya hingga ke game penentu. Di game ketiga, pasangan Juara Dunia Junior 2017 ini mampu kembali tampil pada pola permainan mereka hingga akhirnya berhasil merebut kemenangan dan lolos ke babak 16 besar.

“Kita sudah unggul jauh di game kedua, lawan sudah siap dengan pengembalian kita dan malah kita yang tidak siap. Kita kecolongan di situ, dan langsung ketinggalan jauh. Ada kepikiran pernah unggul jauh dan terkejar lawan, nah tadi kepikiran seperti itu lagi. Tapi di game ketiga kita bisa balik fokus dan bermain seperti di game pertama,” kata Pitha Haningtyas Mentari usai pertandingan.

“Sebenarnya pasangan Jepang ini unggul di pengalaman, dari permainan sebetulnya kita imbang, tapi mereka lebih bisa mengendalikan keadaan,” sambung Rinov Rivaldy menambahkan.

Selanjutnya, di babak dua Fuzhou China Open 2019 BWF World Tour Super 750, Rinov/Pitha masih harus menunggu pemenang antara pasangan Inggris, Marcus Ellis/Lauren Smith dan ganda campuran Malaysia, Goh Soon Huat/Shevon Jemie Lai yang baru akan bertanding, besok (6/11).

Bila bertemu Ellis/Smith, Rinov/Pitha punya bekal manis lewat kemenangan 19-21, 21-14 dan 21-17 saat bentrok di ajang Swiss Open 2019 BWF World Tour Super 300, Maret lalu. Sedangkan jika bersua Goh/Shevon, Rinov/Pitha punya kenangan kurang baik usai kalah 17-21 dan 13-21 pada duel yang berlangsung di Singapore Open 2018 BWF World Tour Super 500.

“Di babak kedua nanti, kita harus lebih fokus lagi dan lebih bisa mengatur strategi permainan. Persiapannya dari segi teknik dan non-teknik juga,” pungkas Rinov.