Hanya Chen Long yang Akan Tetap Tampil di Tokyo

Ekspresi Chen Long (Tiongkok).
Ekspresi Chen Long (Tiongkok).
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Empat juara baru dipastikan lahir dari lima sektor yang diperebutkan pada ajang Olimpiade Tokyo 2020, bulan depan. Peraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 lalu, Chen Long, bakal menjadi satu-satunya juara bertahan yang turun di Tokyo nanti. Tunggal putra asal Tiongkok itu, kembali berhasil memperoleh tiket ke Olimpiade setelah menempati peringkat keenam dalam ranking kualifikasi Race tok Tokyo.

Dilansir Bolalob.com, selain Chen Long, juara bertahan lainnya dipastikan tidak akan berlaga di Olimpiade Tokyo, Juli mendatang karena alasan pensiun, tidak lolos kualifikasi hingga cedera. Carolina Marin, misalnya. Tunggal putri Spanyol itu tidak bisa mempertahankan medali emasnya karena mengalami cedera ACL dua bulan sebelum Olimpiade.

Di ganda putra, pasangan Tiongkok, Zhang Nan/Fu Hai Feng juga dipastikan absen. Fu memutuskan gantung raket setahun setelah dia merebut medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Sedangkan Zhang yang saat ini berduet dengan Ou Xuan Yi tidak lolos kualifikasi karena berada di peringkat 22 dunia.

Peraih emas di sektor ganda putri, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi dari Jepang, juga tidak akan berlaga di hadapan publiknya sendiri. Sebab, pertengahan tahun lalu, Takahashi memutuskan penisun lantaran sudah merasa tidak sanggup untuk mempertahankan gelar, bahkan untuk sekadar bersaing. Ditambah lagi, gelaran Olimpiade Tokyo 2020 ini harus ditunda setahun akibat wabah virus korona.

Lalu, peraih emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 asal Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir juga sudah gantung raket. Butet, sapaan akrab Liliyana lebih dulu pensiun pada Januari 2019 lalu. Kemudian, satu tahun setelah itu, giliran Tontowi yang mengumumkan untuk menyudahi karier bulutangkisnya pada Mei 2020.

Tanpa mengecilkan sektor lain, tim bulutangkis Indonesia punya peluang besar untuk membawa pulang medali emas dari sektor ganda putra di Olimpiade Tokyo 2020 nanti. Sebab, dua posisi unggulan teratas berhasil ditempati Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.