Hong Kong Open 2024 - Banyak Pemain Mundur, Peta Persaingan Berubah

Dejan Ferdinansyah & Mohammad Ahsan (Humas PP PBSI)
Dejan Ferdinansyah & Mohammad Ahsan (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Hong Kong | Beberapa pemain unggulan seperti Shi Yu Qi dan Li Shi Feng asal China memutuskan mundur dari Hong Kong Open 2024. Hal ini mengemuka dalam manager's meeting jelang turnamen bulu tangkis level BWF World Tour Super 500 tersebut, sehingga dilakukan pengundian ulang yang berimbas pada perubahan lawan tanding, khususnya di nomor tunggal putra.

Semisal, pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting, yang berdasarkan drawing awal bertemu dengan Lu Guang Zu asal China di babak 32 besar. Namun, setelah diundi ulang, pemain berperingkat dunia itu bertemu dengan Toma Junior Popov dari Prancis.

Melalui siaran persnya, Senin (9/9), PP PBSI menyebut partai antara Anthony dn Popov ini menjadi menarik, karena terakhir kali kedua pemain bertemu adalah saat penyisihan Grup H pada Olimpiade Paris 2024.

Kala itu, Anthony harus mengakui keunggulan Popov melalui rubber game 19-21, 21-17, 15-21. "Peraturan (undian) di manager's meeting ini memang sekarang diterapkan BWF. Kami para pemain harus siap dengan perubahan-perubahan itu," tanggap Anthony melalui siaran pers Humas PP PBSI

"Masih ada besok untuk mempersiapkan diri, mempelajari permainan Toma lagi dan menyiapkan strategi. Pastinya tidak mudah tapi saya akan berusaha maksimal," tambah pemain kelahiran Garut, Jawa Barat, ini.

Hong Kong Open 2024 dimulai pada Selasa (10/9) dengan memainkan babak kualifikasi semua sektor dan babak 32 besar sektor ganda putra dan putri.

Indonesia dipastikan langsung kehilangan satu wakil di nomor ganda putra. Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani bertemu Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di babak 32 besar.

Leo Rolly Carnando/Bagas Maulana bertanding melawan wakil Prancis, Christo Popov/Toma Junior Popov, sementara Muhammad Shohibul Fikri/Daniel Marthin berhadapan dengan pasangan Denmark, Daniel Lundgaard/Mads Vestergaard.