Hong Kong Open 2024 - Dua Final Beruntun, Putri KW Akhiri Penantian 26 Tahun

Putri Kusuma Wardani (Humas PP PBSI)
Putri Kusuma Wardani (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Putri Kusuma Wardani berhasil mengakhiri penantian panjang Indonesia selama 26 tahun dengan lolos ke final tunggal putri Hong Kong Open, sejak pencapaian tersebut diraih oleh Lidya Djaelawijaya pada 1998. Putri, yang kini menghuni peringkat ke-31 dunia, melaju ke final seusai memenangi pertarungan ketat berdurasi 76 menit atas Tomoka Miyazaki asal Jepang di babak empat besar Hong Kong 2024.

Berlaga di Hong Kong Coliseum, Kowloon, Hong Kong, Sabtu (14/9) siang waktu setempat, Putri menang rubber game 22-20, 21-23, 21-18 atas pebulu tangkis belia asal "Negeri Sakura" tersebut. Dengan kemenangan tersebut, Putri pun lolos ke final dua kali berturut-turut setelah menjadi runner-up Taipei Open 2024 pada akhir pekan lalu.

"Sangat senang bisa tampil di final kedua dalam dua minggu, ini juga akan menjadi final pertama saya di level Super 500. Saya berharap besok bisa berdiri di podium tertinggi," tanggap Putri kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

"Alhamdulillah bisa melewati ini dengan kemenangan," Putri, menambahkan.

Putri mengawali turnamen level BWF World Tour Super 500 ini dengan mengalahkan Sung Shuo Yun (Taiwan) melalui straight games 21-18, 21-12. Di babak berikutnya, ia menang atas Tai Tzu Ying. Pemain kawakan Taiwan itu memutuskan mundur dari  pertandingan saat kedudukan 2-6 di gim pertama.

Atlet berusia 22 tahun itu melaju ke semifinal berkat kemenangan dua gim 21-13, 21-12 atas Line Højmark Kjaersfeldt (Denmark) dalam tempo 33 menit.

Di final, Minggu (15/9), Putri bertemu dengan pemenang pertandingan semifinal yang mempertemukan Pornpawee Chochuwong (Thailand) dengan unggulan ketiga Han Yue (China).