Hong Kong Open 2024 - Gelar Juara Tunggal Putra Berpindah

Jonatan Christie (Humas PP PBSI)
Jonatan Christie (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie gagal mempertahankan gelar juara Hong Kong Open. Unggulan ketiga itu kalah dari Lei Lan Xi asal China dalam pertarungan semifinal Hong Kong Open 2024, Sabtu (14/9) malam. Lei akan berduel dengan pemain nomor dua dunia Viktor Axelsen pada Minggu (15/9) untuk memperebutkan gelar juara.

Bertanding di Hong Kong Coliseum, Kowloon, Hong Kong, Jojo --sapaan akrab Jonatan-- kalah rubber game 14-21, 21-12, 17-21 dalam tempo 69 menit. Secara umum ia mengakui, Lei menunjukkan  pertahanan yang solid pada pertandingan ini. "Tidak mudah. Tadi beberapa kali seharusnya ada bola-bola yang bisa poin untuk saya, tapi Lei Lan Xi pertahanannya bagus hari ini," jelasnya kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

"Ketika tanggung bolanya, dia masih bisa membalikkan," Jojo, menambahkan.

Selain itu, Jojo mengakui jika ia melakukan sejumlah kesalahan saat perebutan poin-poin krusial. "Saat ada kesempatan mengejar tapi malah membuang poin," katanya.

"Di gim ketiga sebelum interval, kondisi lapangan memang kurang menguntungkan. Tapi kembali lagi saya kurang tenang, ingin buru-buru mematikan," Jojo, menyatakan.

Secara umum Jojo menilai, masih ada beberapa hal yang perlu dievaluasi guna meningkatkan performa dalam menghadapi turnamen berikutnya. "Tadi ada kesempatan tapi saya belum bisa memaksimalkan, coba lagi pekan depan," pungkasnya.

Selain Jojo, tunggal putra "Merah Putih" lainnya, Anthony Sinisuka Ginting, kalah dari Viktor Axelsen. Ia mengalami kekalahan ke-14 dari pemain jangkung asal Denmark tersebut, saat kedua pemain bertemu di babak empat besar turnamen level BWF World Tour Super 500 ini. Anthony kalah dua gim 9-12, 19-21 dalam tempo 42 menit.