Hong Kong Open 2024 - Komang Ayu Lewati Ujian Pertama

Komang Ayu Cahya Dewi (Humas PP PBSI)
Komang Ayu Cahya Dewi (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Kondisi lapangan berangin di Hong Kong Coliseum memang telah diantisipasi para pemain yang berlaga pada Hong Kong Open 2024. Namun, pada praktiknya tetaplah tak mudah. Hal tersebut dialami tunggal putri Indonesia Komang Ayu Cahya Dewi saat bertanding di babak pertama turnamen level BWF World Tour Super 500 itu, melawan Tanya Hemanth asal India.

Komang Ayu berhasil memenangi pertandingan melalui dua gim langsung 21-16, 23-21. Selain lapangan di seberang net, menurutnya, lapangan berangin menjadi lawan berikutnya sepanjang pertandingan berdurasi 37 menit ini. "Di lapangan memang cukup terasa menang dan kalah anginnya sehingga cara bermainnya harus konsisten dengan pola yang disesuaikan," ungkapnya melalui keterangan pers Humas PP PBSI.

"Hari ini saya belum bisa konsisten menerapkan itu jadi banyak sekali membuang poin beruntun," tambah pemain asal Bali ini.

Setelah mengunci kemenangan gim pertama, Hemanth meningkatkan tempo permainan. Kedua pemain terlibat aksi kejar-mengejar poin, hingga Hemanth mampu membuka keunggulan jelang pengujung gim kedua. Namun, Komang Ayu mampu memaksakan setting dan menyudahi pertandingan dengan skor 23-21.

"Beruntung ketika tertinggal tadi, saya bisa menemukan lagi ritme yang tepat dan membalikkan keadaan," tanggapnya.

"Setelah hasil kurang bagus di Taipei Open minggu lalu, secara kesiapan baik fisik maupun mental saya merasa sudah lebih baik sekarang. Saya mau usahakan yang terbaik di turnamen ini," demikian Komang Ayu.

Di babak 16 besar, Komang Ayu bertemu dengan Pornpawee Chochuwong asal Thailand.