Hong Kong Open 2024 - Perubahan Strategi Bangkitkan Jojo

Jonatan Christie (Humas PP PBSI)
Jonatan Christie (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie berhasil melewati babak kedua turnamen bulu tangkis Hong Kong Open 2024 setelah menghentikan perlawanan pebulu tangkis asal Denmark, Rasmus Gemke. Berlaga di Hong Kong Coliseum, Kowloon, Hong Kong, Kamis (12/9), sang juara bertahan menang dua gim langsung 21-12, 21-19 dalam tempo 45 menit.

"Puji Tuhan bisa lolos ke perempat final," ujar Jojo, sapaannya, kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

"Gim pertama berjalan dengan baik. Namun, di gim kedua sedikit membuat kesalahan dan keliru dalam penerapan strategi juga sehingga membuat lawan lebih percaya diri, lebih berani," tambah tunggal putra berperingkat ke-7 dunia ini.

Lebih lanjut Jojo menjelaskan, memasuki interval gim kedua, ia tertinggal cukup jauh dalam perolehan angka. Setelah berdiskusi dengan pelatih Irwansyah saat interval, ia mengubah pola permainan. "Ada strategi yang diubah dan tadi dari perubahan itu berhasil membuat saya bisa mendapatkan poin yang banyak dan akhirnya menang," jelasnya.

Di babak delapan besar, Jojo bertemu dengan pemenang laga sesama wakil Jepang antara unggulan kelima Kodai Naraoka dan Takuma Obayashi. Secara umum ia berpandangan, pemain-pemain negeri sakura memiliki satu kesamaan, yaitu keuletan. "Tidak gampang dimatikan. Saya harus lebih sabar dan telaten," kata Jojo.

"Dengan kondisi lapangan yang berangin seperti ini semua belajar mengatasinya, tinggal mengadu saja di lapangan. Tidak ada yang merasa diuntungkan," demikian Jojo.