(Hong Kong Open Super Series 2016) Cedera Kaki, Lee Chong Wei Batal Tampil di Hong Kong

Internasional ‐ Created by ZAN

Hong Kong - Pebulutangkis peringkat satu dunia asal Malaysia, Lee Chong Wei absen di Hong Kong Open 2016. Cedera kaki membuat posisinya kini digantikan wakil Jepang, Kazumasa Sakai. Kondisi ini praktis membuat Chong Wei diambang kesempatannya tampil di Super Series Final di Dubai 14-18 Desember mendatang. Sementara di Hong Kong, Chong Wei merupakan unggulan pertama.

Menurut laporan dari Malaysia, Chong Wei sudah tidak bermain sejak kalah dari Denmark Open bulan lalu. Pelatih nasional bulutangkis Malaysia, Hendrawan mengatakan, kondisi pebulutangkis yang dijuluki Datuk itu belum sepenuhnya pulih dari cedera kaki berkelanjutan yang ia derita di Odense.

Kala itu, Chong Wei secara mengejutkan kalah dari wakil Prancis, Brice Leverdez di babak perempat final.

"Saat ini Chong Wei mengalami demam dan ia belum sembuh total dari cedera hamstringnya," kata Hendrawan.

"Dia telah menarik diri dari Hong Kong Terbuka. Itu adalah keputusan yang bijaksana karena saat ini dia sedang dalam kondisi yang kurang baik," jelasnya.

Melihat kondisi itu, Hendrawan yakin, Chong Wei dipastikan masih berpeluang lolos ke putaran final turnamen Super Series. Saat ini, dia berada di posisi kelima klasemen dengan 43.510 poin.

Namun, tim pelatih masih akan menunggu dan melihat perkembangan pemain lain dalam perebutan tiket ke Dubai nantinya. Chong Wei yang meraih medali perak di Olimpiade 2016 Rio de Janerio sekaligus medali perak Olimpiade ketiganya sudah mundur dari dua turnamen, yakni China Open dan Hong Kong Open.

Di Hong Kong, pebulutangkis dunia lainnya pun berlomba-lomba mengumpulkan poin untuk ke Dubai. Sebut saja, wakil tuan rumah Hong Kong, Ng Ka-long yang berada di posisi keenam dengan 40.100 poin, diikuti wakil Denmark Viktor Axelsen (39.120) dan Jerman Marc Zwiebler (38.230).

Bahkan dua pebulutangkis asal Taiwan Chou Tien Chen (nomor 9) dan Hsu Jen Hao (nomor 11) serta wakil Hong Kong lainnya, Wong Wing-ki (nomor 10) bisa menyalip perolehan poin Chong Wei jika mampu memberikan hasil positif di dua turnamen tersisa.

Sementara pebulutangkis asal Jepang, Kazumasa Sakai yang menggantikan posisi Chong Wei dalam daftar setelah menjadi pebulutangkis yang memiliki peringkat tertinggi untuk lolos ke babak utama.