IIC 2024 Surabaya - Ajang Pembuktian Pemain Muda

Arena pertandingan Indonesia International Challenge 2024 di Jatim Expo (Humas PP PBSI)
Arena pertandingan Indonesia International Challenge 2024 di Jatim Expo (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Surabaya | Indonesia International Challenge (IIC) 2024 di Surabaya mulai berlangsung Selasa (22/10) pagi WIB di Jatim Expo, Surabaya. Hari pertama menggelar pertandingan babak kualifikasi untuk sektor tunggal putra dan putri. Indonesia sendiri menurunkan 82 pemain dengan beberapa andalan yang ditargetkan menjadi juara.

Perombakan pasangan di ganda putri menjadi perhatian menarik yaitu Lanny Tria Mayasari yang berpasangan dengan Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Rachel Allessya Rose yang dipasangkan dengan Kelly Larissa.

Selain itu, perhatian bisa ditunjukkan kepada kiprah dari calon-calon penerus bulu tangkis Indonesia yang kemarin baru saja memboyong Piala Suhandinata ke Tanah Air. Pasukan muda "Merah Putih" pada Kejuaraan Dunia Junior juga akan tampil di sini. Sebut saja, Moh. Zaki Ubaidillah, Bismo Raya Oktora, Mutiara Ayu Puspitasari hingga Isyana Syahira Meida/Rinjani Kwinara Nastine.

IIC 2024 diikuti 233 pemain dari 19 negara. Negara tersebut adalah Australia, Brunei Darussalam, Siprus, Mesir, Prancis, Hong Kong, India, Jepang, Malaysia, Meksiko, Myanmar, Filipina, Sri Lanka, Swiss, Thailand, Taiwan, Amerika Serikat, Zambia, dan tuan rumah Indonesia.

Kepala Bidang Pertandingan IIC 2024 Mimi Irawan berharap, para penggemar bulu tangkis di kawasan Jawa Timur dan sekitarnya bisa datang dan menyaksikan langsung pertandingan ke Jatim Expo. Dengan hanya membeli tiket seharga Rp20 ribu untuk babak penyisihan dan Rp40 ribu untuk semifinal dan final bisa mennyaksikan calon bintang masa depan bulu tangkis dunia "Melihat tren penonton di Jawa Timur, banyak yang datang ke arena pertandingan selepas kerja. Tentu ini diharapkan bisa mengundang fans bulu tangkis yang ada di kota pahlawan untuk bisa menyaksikan langsung ke Jatim Expo," jelasnya melalui siaran pers Humas PP PBSI.

"Harga tiket juga terjangkau sehingga seluruh penggemar olahraga tepok bulu bisa datang dan memberikan dukungan buat atlet-atlet muda yang ke depannya menjadi bintang di panggung dunia," Mimi, menambahkan.

Selain itu, lanjutnya, pertandingan hari pembuka berjalan lancar tanpa hambatan. "Untuk hari pertama pertandingan Indonesia International Challenge 2024 di Surabaya menyajikan babak kualifikasi dengan menggunakan tiga lapangan. Total ada 16 pertandingan dan kami tidak terlalu banyak agenda untuk hari ini mengingat ke depannya turnamen berjalan dengan padat," ungkapnya.

Jatim Expo, menurutnya, sejatinya sudah berpengalaman menggelar turnamen bulu tangkis. Tahun lalu tercatat di tempat yang sama, dua ajang berlangsung dengan baik tanpa kendala yang berarti. "Jatim Expo untuk kali kedua menggelar kompetisi Indonesia International Challenge 2024 dan juga nanti Indonesia Masters 2024 Super 100. Tentu pengelola tempat ini sudah belajar banyak dari event sebelumnya sehingga saat ini bisa menggelar pertandingan dengan lebih baik lagi," katanya.

"Menjadi tantangan tersendiri untuk kami karena tidak banyak fasilitas lengkap yang dimiliki beberapa daerah untuk menggelar event bulu tangkis internasional. Tentu dengan adanya contoh Jatim Expo ke depannya pemerintah daerah bisa lebih memperhatikan fasilitas yang ada di daerahnya untuk bisa menggelar event internasional," demikian Mimi.