IIC 2024 Surabaya - Mutiara "Runner-Up"

Mutiara Ayu Puspitasari & Yataweemin Ketklieng (Humas PP PBSI)
Mutiara Ayu Puspitasari & Yataweemin Ketklieng (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Surabaya | Mutiara Ayu Puspitasari harus puas menjadi runner-up Indonesia International Challenge (IIC) 2024 di Surabaya. Pada laga final di Jatim Expo, Surabaya, Minggu (27/10) tunggal putri kelahiran 17 Mei 2006 itu menyerah dari wakil Thailand, Yataweemin Ketklieng, dengan skor 21-18, 12-21, 16-21.

Pada laga ini, pemain peringkat ke-97 dunia tersebut mengaku sejatinya sudah berupaya meraih kemenangan. Sebelum laga, juara Slovenia International 2021 itu bahkan telah mempersiapkan dengan baik untuk menghadapi wakil negeri gajah putih itu.

Terlihat persiapan yang dilakukan Mutiara berjalan dengan sangat baik seusai mampu unggul terlebih dahulu di gim pertama. Performa Mutiara kemudian sedikit menurun di gim kedua sehingga harus menyerah dan tertinggal.

Di gim penentuan, Mutiara Ayu Puspitasari terlihat kurang bisa mengantisipasi serangan lawan sehingga harus puas menjadi runner-up di turnamen Indonesia International Challenge 2024 di Surabaya seusai menyerah lewat pertarungan rubber game dalam tempo 1 jam 15 menit. "Saya menghadapi lawan yang tangguh. Lawan memang pemain junior tapi permainannya terbilang cukup bagus. Pada laga ini saya sudah bermain dengan maksimal dan merasa cukup baik dari serangan. Dari segi fisik saya rasa lawan lebih prima ketimbang saya di laga ini," ujar Mutiara melalui siaran pers Humas PP PBSI.

Dengan hasil ini, pemain asal Ngawi tersebut masih belum mengoleksi gelar juara sepanjang 2024. Tercatat tahun ini juara Badminton Asia Junior Championships 2023 itu baru sekali melangkah ke final IIC 2024 dan juga harus puas menjadi runner-up. Saat itu di Thailand, Mutiara menjadi finalis seusai pada partai puncak menyerah dari wakil Jepang, Riko Gunji, dengan skor 14-21, 15-21.

"Saya bukan tipe pemain yang berlarut dalam kesedihan. Hasil pada turnamen International Challenge 2024 di Thailand menjadi cambuk buat saya untuk menghadapi turnamen berikutnya. Saya mencoba untuk memberikan yang terbaik di laga ini meski belum mendapatkan hasil yang diharapkan," ujar Mutiara.

Juara Indonesia International Series 2022 itu berharap ke depannya bisa meraih hasil yang lebih baik lagi. Pekan depan Mutiara berharap kondisinya prima untuk bisa berlaga pada ajang Indonesia Masters 2024 Super 100 di Surabaya. Selama satu pekan, Mutiara sudah berjuang memberikan yang terbaik sampai mengalami beberapa luka di bagian badannya. "Pekan depan nama saya masih didaftarkan untuk ajang Indonesia Masters 2024 Super 100. Bicara kondisi fisik tentu selama satu pekan ini saya sudah terkuras. Saya juga telah mengikuti beberapa turnamen sebelumnya jadi untuk ke depannya saya ingin melihat kondisi saya terlebih dahulu," ujar Mutiara.

Dijadwalkan pekan depan Mutiara Ayu Puspitasari bertanding pada Indonesia Masters 2024 Super 100. Menurut undian, Mutiara akan berjumpa tunggal putri Taiwan, Liang Ting Yu yang merupakan unggulan kedua turnamen bulu tangkis level BWF Super 100 tersebut.