(India Open) Saling Bentrok di Semifinal, Ganda Putri Pastikan Tiket Final

Della Destiara Haris/Tania Oktaviani Kusumah (Indonesia) bwehasil menggapai pengembalian.
Della Destiara Haris/Tania Oktaviani Kusumah (Indonesia) bwehasil menggapai pengembalian. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Sektor ganda putri Indonesia sudah dapat memastikan satu wakilnya ke partai puncak India Open 2019 BWF World Tour Super 500, setelah pasangan Della Destiara Haris/Tania Oktaviani Kusumah dan Greysia Polii/Apriyani Rahayu akan saling bentrok di babak semifinal, yang akan berlangsung di Siri Fort Indoor Stadium, New Delhi, Sabtu (30/3).

Della/Tania lebih dulu lolos ke babak empat besar lewat kemenangan 16-21, 21-14 dan 21-12 atas pasangan Malaysia, Vivian Hoo/Yap Cheng Wen, dalam waktu 57 menit. Sedangkan Greysia/Apriyani menyusul ke semifinal setelah mengandaskan perlawanan wakil tuan rumah, Ashwini Ponnappa/Sikki Reddy, dengan skor 21-10 dan 21-18, Jumat (29/3).

Harus berhadapan dengan rekan senegaranya, Della/Tania mengaku akan tampil nothing to lose menghadapi Greysia/Apriyani yang merupakan unggulan pertama sekaligus juara bertahan pada kejuaraan ini. “Kita sudah tahu permainan mereka seperti apa, mereka pun begitu. Yang penting semangat dulu, nothing to lose dan all out di lapangan,” kata Della Destiara Haris.

Selama tampil di kejuaraan India Open 2019 BWF World Tour Super 500 ini, Della/Tania perlahan mampu memperlihatkan tren positif. Buktinya, pada pertandingan di babak perempat final tadi, Della/Tania yang harus lebih dulu kehilangan game pertama atas Vivian/Yap, mampu memperbaiki permainan dengan mengembalikan keadaan.

Kombinasi pasangan senior-junior ini tampil lebih sabar dan banyak menggunakan taktik sebelum melakukan penyerangan terhadap pertahanan lawan di game kedua dan ketiga. “Intinya tadi kita hanya bermain di pola kita. Tadi di game pertama kita banyak melakukan kesalahan sendiri karena langsung mau mematikan lawan. Mereka tidak bisa diserang langsung mati, bolanya harus diolah dulu,” jelasnya.

Di sisi lain, Della juga mengakui bila Tania sudah mulai bisa mengimbangi permainan di level yang lebih tinggi lagi. “Menurut saya sih dia sudah bisa mengikuti, teknik-teknik bola belakangnya bagus,” tutupnya.

Sementara itu, selain meloloskan Della/Tania dan Greysia/Apriyani yang akan saling bentrok di semifinal, Indonesia juga berhasil mengirim tiga wakil lainnya ke babak empat besar India Open 2019 BWF World Tour Super 500. Pertama, di nomor ganda putra, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi terus membuat kejutan dengan lolos ke semifinal setelah mengalahkan wakil Malaysia, Mohamad Arif Ab Latif Arif/Nur Mohd Azriyn Ayub Azriyn dengan skor 21-18, 14-21 dan 21-17.

Selanjutnya, pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti juga melangkah ke semifinal dengan menekuk wakil Rusia, Rodion Alimov/Alina Davletova dengan skor 19-21, 22-20 dan 21-13. Kemudian ada pasangan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja mengalahkan rekan senegaranya, Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow, dengan skor 21-17 dan 21-14.