Indonesia International Challenge 2023 - Ester Jaga Asa Pertahankan Gelar

Ester Nurumi Tri Wardoyo (Humas PP PBSI)
Ester Nurumi Tri Wardoyo (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Surabaya | Ester Nurumi Tri Wardoyo menjaga asa mempertahankan gelar juara pada turnamen bulu tangkis Indonesia Challenge 2023. Dalam laga perempat final yang digelar di Jatim Expo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (20/10), tunggal putri kelahiran 26 Agustus 2005 itu meraih kemenangan atas wakil Korea Selatan, Kim Joo Eun, dengan skor 8-21, 21-17, 21-13.

Pada pertandingan ini peraih medali perunggu SEA Games 2023 itu mengaku "terlambat panas" di gim pertama saat tertinggal jauh dari wakil negeri ginseng tersebut. Namun, permainan peraih medali perunggu BWF World Junior Championships 2022 itu kembali stabil di gim kedua untuk memaksakan pertandingan dilanjutkan ke rubber game.

Pada gim penentuan, juara Indonesia International Challenge 2022 itu bermain lebih tenang untuk akhirnya meraih kemenangan dalam tempo 63 menit dan melaju ke semifinal. "Bersyukur bisa diberikan kemenangan di laga ini. Saya memulai laga dengan bermain ragu-ragu sehingga permainan terbaik saya tidak keluar," tutur Ester, melalui siaran pers Humas PP PBSI.

"Saya mencoba untuk bermain lepas di gim kedua dengan lebih menyerang untuk mengembalikan kedudukan," ungkap tunggal putri berperingkat 56 dunia itu.

Runner-up Bahrain International Challenge 2022 itu mengaku dalam kondisi terbaik untuk menatap pertandingan semifinal. Ester bertekad melangkah lebih jauh di hadapan publik Kota Pahlawan dan memberikan hasil maksimal dengan kembali meraih gelar juara. "Saya sekarang dalam kondisi terbaik di turnamen Indonesia International Challenge 2023. Saya tidak mau memikirkan terlalu jauh terlebih dahulu dan akan fokus persiapan menghadapi laga esok hari," ujar Ester.

"Sejauh ini saya mencoba untuk pada recovery terlebih dahulu dan berdiskusi dengan pelatih untuk menerapkan strategi yang ingin dimainkan," tambah runner-up Bahrain International Series 2022 itu.

Dengan hasil ini Ester menjadi satu-satunya wakil tunggal putri tuan rumah yang tersisa di Indonesia International Challenge 2023. Tunggal putri Indonesia lainnya yang berlaga di perempat final, Stephanie Widjaja, terhenti langkahnya seusai menyerah dari wakil Jepang, Akira Kurihara, dengan skor 13-21, 12-21.