Indonesia International Challenge 2023 - Ruzana, Tasya, dan Tiva ke 16 Besar

Aisyah Sativa Fatetani (Humas PP PBSI)
Aisyah Sativa Fatetani (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Medan | Pebulu tangkis tunggal putri Ruzana melangkah ke 16 besar Indonesia International Challenge 2023. Dalam laga yang digelar di GOR Pancing, Medan, Sumatera Utara, Rabu (30/8), atlet asal Lubuklinggau, Sumatera Selatan ini menang atas wakil India, Anupama Upadhyaya. Pada laga ini, Ruzana mengaku bermain menyerang sejak awal laga untuk membuat lawan tidak mengembangkan bentuk permainan terbaiknya.

Strategi tersebut berjalan dengan baik seusai Ruzana mampu menang dalam tempo 26 menit. "Saya bermain menyerang sejak awal laga. Terlihat lawan tidak terlihat bentuk permainan terbaiknya saat saya melancarkan serangan," tuturnya melalui siaran pers Humas PP PBSI.

"Ini tidak seusai dengan ekspektasi saya mengingat lawan yang dihadapi seharusnya tidak mudah dikalahkan," tambah runner-up Bangladesh Junior International Series 2021.

Dengan hasil ini Ruzana melangkah ke 16 besar dan akan menantang pemenang laga antara Yulia Yosephine Susanto dan Siti Nurshuhaini asal Malaysia.

"Dengan kemenangan ini saya harus lebih siap lagi karena pada turnamen di sini lawan yang dihadapi tidak mudah. Saya ingin fokus satu-satu terlebih dahulu setelah ini," tambah pemain berperingkat 135 dunia itu.

Kegemilangan Ruzana juga diikuti oleh tunggal putri, Tasya Farahnailah. Runner-up Alpes International U19 2022 melangkah ke babak 16 besar, berkat kemenangan atas wakil India lainnya, Aditi Bhatt, melalui straight games 21-13, 21-14.

Dengan hasil ini sektor tunggal putri Indonesia yang sudah melangkah ke 16 besar di antaranya ada Aisyah Sativa Fatetani. Tunggal putri kelahiran 14 Mei 2002 itu mengikuti jejak Ruzana dan Tasya, seusai merebut kemenangan tiga gim 23-21, 18-21, 21-18 atas Unnati Hooda dari India.