Indonesia Masters 2024 Super 100 - Bersiap Hadapi Lawan Tangguh di Perempat Final

Mutiara Ayu Puspitasari (Humas PP PBSI)
Mutiara Ayu Puspitasari (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Pekanbaru | Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Moh. Zaki Ubaidillah melaju ke perempat final Indonesia Masters 2024 Super 100. Berlaga di GOR Remaja Pekanbaru, Kamis (29/8), atlet kelahiran 26 Juni 2007 itu menang atas wakil India, Saneeth Dayanand, dengan skor 21-11, 21-9. Pemain asal Sampang itu mengaku bermain lepas untuk meraih tiket babak delapan besar turnamen bulu tangkis level BWF Tour Super 100.

Ubed, sapaannya, mencoba untuk bisa menampilkan permainan terbaiknya seusai tampil di hadapan publik sendiri. Tunggal putra peringkat  ke-219 dunia itu tidak mau membuang kesempatan untuk berlaga pada Indonesia Masters 2024 Super 100. "Pastinya senang bisa menembus perempat final turnamen BWF Super 100. Sejauh ini semua berjalan seusai dengan keinginan saya. Saya tidak mau terlalu berlebihan karena ke depannya pasti pertandingan lebih sulit mengingat lawan yang dihadapi sangat tangguh," ujar Ubed melalui siaran pers Humas PP PBSI.

"Saya mencoba melakukan recovery dengan baik mengingat saya pekan lalu juga bermain sehingga membutuhkan proses recovery yang baik mulai dari istirahat sampai makan makanan bergizi," Ubed menambahkan.

Ubed akan menghadapi seniornya, Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay, di perempat final. Sebelumnya, tunggal putra kelahiran 15 Januari 2000 itu mengalahkan wakil India, Pranay Katta, dengan skor 21-12, 21-13.

Menghadapi pemain yang berpengalaman, Ubed mengaku termotivasi mengingat sering berhadapan dengan Ikhsan beberapa kali saat berlatih. "Menghadapi partai perempat final saya tidak mau memikirkan hasil terlalu jauh dan hanya fokus pada persiapan yang saya lakukan. Selama berlatih kami saling mengalahkan, pada pertemuan resmi di level Sirkuit Nasional, tercatat saya pernah sekali kalah dari mas Ikhsan. Setiap pemain punya kans, tentu saya akan fokus pada persiapan menghadapi laga esok," papar pemain asal klub PB Djarum ini.

Dengan hasil ini, sektor tunggal putra menempatkan lima wakil di perempat final. Selain Ubed dan Ikhsan, pemain lainnya yang melangkah ke babak delapan besar ialah Alwi Farhan, Yohanes Saut Marcellyno, dan Krishna Adi Nugraha.

Sementara dari sektor tunggal putri, wakil Indonesia tersisa adalah Mutiara Ayu Puspitasari dan Stephanie Widjaja di perempat final. Mutiara melaju seusai menumbangkan rekan satu negaranya, Chiara Marvella Handoyo, yang mengundurkan diri dalam kedudukan 17-21, 21-5, 8-3.

Kemenangan ini mengantarkan juara Badminton Asia Junior Championships 2023 itu bertemu wakil Jepang, Asuka Takahashi, yang pada laga sebelumnya mengalahkan wakil tuan rumah, Yulia Yosephine Susanto, dengan skor 21-8, 21-10. Sementara, Stephanie melangkah ke perempat final seusai menyingkirkan wakil Taiwan, Tung Ciou-Tong, dengan skor 12-21, 21-13, 21-16.

Tunggal putri kelahiran 19 Februari 2003 itu akan menantang wakil Korea Selatan, Park Ga Eun, yang menang atas wakil Jepang, Kaoru Sugiyama, dengan skor 21-15, 21-14.