(Indonesia Masters) Fajar/Rian Pulangkan Pasangan Tiongkok

Selebrasi kemenangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Indonesia).
Selebrasi kemenangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Indonesia). (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Indonesia kembali berhasil meloloskan satu wakilnya ke babak perempat final Daihatsu Indonesia Masters 2020 BWF World Tour Super 500 lewat kemenangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto atas pasangan Tiongkok, Ou Xuan Yi/Zhang Nan dengan skor 21-10, 12-21 dan 21-19 pada pertandingan yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (16/1).

Lewat pertarungan yang berlangsung selama 75 menit itu, Fajar/Rian mampu mendominasi jalannya permainan di game pertama. Namun pasangan peringkat lima dunia ini harus kehilangan game kedua setelah kalah 12-21. Untungnya, Fajar/Rian kembali berhasil merebut kemenangan di game ketiga dan lolos ke babak delapan besar Daihatsu Indonesia Masters 2020 BWF World Tour Super 500.

Ini menjadi kemenangan kedua bagi Fajar/Rian atas Ou/Zhang. Sebelumnya, di ajang Korea Open 2019 BWF World Tour Super 500, September lalu, Fajar/Rian juga menang dengan skor 21-15, 20-22 dan 21-16.

“Yang pertama pastinya syukur Alhamdulillah karena bisa menang dan lolos ke babak selanjutnya. Hari ini lawan bermain sangat bagus sekali, terutama Ou. Dia bisa cover kekurangan Zhang Nan hari ini dan permainan depannya juga berani. Mereka bukan lawan yang gampang dikalahkan dan percaya diri mereka juga bagus. Kita harus kerja keras juga di pertandingan tadi,” ungkap Muhammad Rian Ardianto kepada Djarumbadminton.com.

“Di game kedua lawan sempat mengubah strategi, jadi mainnya lebih berani terutama di depannya. Itu sih yang saya rasakan. Di game ketiga kita main yakin saja walaupun sempat ketinggalan. Yang penting modal nekat dulu saja,” lanjut Fajar Alfian menambahkan.

Selanjutnya, di babak delapan besar Daihatsu Indonesia Masters 2020 BWF World Tour Super 500, Fajar/Rian akan berhadapan dengan ganda putra Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen yang berhasil mengalahkan pasangan juara Malaysia Masters 2020 BWF World Tour Super 500, Kim Gi Jung/Lee Yong Dae dari Korea dengan skor 21-14 dan 21-7.

Ini akan menjadi bentrok ketiga bagi kedua pasangan. Sayangnya, Fajar/Rian punya catatan kurang menyenangkan setiap bersua Astrup/Rasmussen dengan dua kekalahan.

“Kita memang kalah dua kali dari mereka, tapi kita nggak mau memikirkan itu. Yang penting jaga fokus dan kondisinya saja. Kita pelajari lagi kekurangan lawan apa dan komunikasi lagi dengan pelatih harus bagaimana untuk besok,” tandasnya.

Sementara itu, pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan juga berhasil melaju ke babak perempat final Daihatsu Indonesia Masters 2020 BWF World Tour Super 500 lewat kemenangan 21-19 dan 22-20 atas ganda putra Taiwan, Lu Ching Yao/Yang Po Han.