(Japan Open) The Minions Cetak Hattrick di Negeri Sakura

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (Indonesia) keluar sebagai juara Japan Open 2019 BWF World Tour Super 750.
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (Indonesia) keluar sebagai juara Japan Open 2019 BWF World Tour Super 750. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Kembali merebut gelar juara, ganda putra peringkat satu dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon sukses mencetak hattrick di ajang Japan Open 2019 BWF World Tour Super 750 setelah menang 21-18 dan 23-21 atas kompatriotnya, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan pada laga final yang berlangsung di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Minggu (28/7). Kevin/Marcus menjadi ganda putra yang belum terkalahkan selama tiga tahun beruntun di Jepang Open.

“Kita senang bisa hattrick di turnamen ini. Tentang permainan tadi, di game kedua kita bikin banyak kesalahan tapi kemudian kita bisa menguasai. Secara keseluruhan hari ini kita bisa menunjukkan penampilan terbaik kita. Target selanjutnya kejuaraan dunia. Kita mau juara di kejuaraan dunia, tapi kita mau fokus satu demi satu pertandingan dulu,” kata Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Tidak hanya mencetak hattrick di ajang Japan Open, The Minions juga sukses menyabet dua gelar juara dalam dua pekan berturut-turut. Pekan lalu, Kevin/Marcus juga keluar sebagai jawara di ajang Blibli Indonesia Open 2019 BWF World Tour Super 1000 usai mengalahkan Hendra/Ahsan di partai puncak.

Selain itu, ini juga menjadi kemenangan ketiga The Minions atas The Daddies di tiga partai All Indonesian Finals 2019. “Minggu lalu kita ketemu Hendra/Ahsan juga, tapi sekarang lebih berat karena mereka tidak mudah dimatikan, tidak mudah menembus mereka,” ujar Marcus Fernaldi Gideon.

Hasil manis ini sekaligus menjadi koleksi gelar keempat The Minions di sepanjang 2019, yakni Malaysia Masters 2019 BWF World Tour Super 500, Daihatsu Indonesia Masters 2019 BWF World Tour Super 500, Blibli Indonesia Open 2019 BWF World Tour Super 1000 dan Japan Open 2019 BWF World Tour Super 750.

Sementara itu, Mohammad Ahsan mengaku tetap bersyukur meski harus menjadi runner up untuk ketiga kalinya saat berjumpa Kevin/Marcus di babak final. “Alhamdulillah ke final lagi, tetap disyukuri, kita jadi runner up lagi. Sebenarnya tadi kita punya peluang, rubber game dulu. Main kita enak, bisa mengimbangi permainan lawan. Kita juga sudah memimpin poin 20 duluan, tapi di akhir mereka lebih inisiatif. Tapi kita berharap bisa tembus juara, bisa revans dari Kevin/Marcus. Kita berharap bisa tampil lebih stabil,” ungkap Ahsan.

“Kalah lagi dari Kevin/Marcus ya nggak apa-apa, kita akan tetap cari solusi bagaimana bisa mengalahkan mereka. Mereka unggul dari segi kecepatan,” kata Hendra menambahkan.

 

Berikut hasil lengkap final Japan Open 2019 BWF World Tour Super 750:

  • Tunggal Putri: Akane Yamaguchi (Jepang) vs Nozomi Okuhara (Jepang) 21-13 dan 21-15
  • Ganda Putri: Kim So Yeong/Kong Hee Yong (Korea) vs Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara (Jepang) 21-12 dan 21-12
  • Tunggal Putra: Kento Momota (Jepang) vs Jonatan Christie (Indonesia) 21-16 dan 21-13
  • Ganda Campuran: Wang Yilyu/Huang Dongping (Tiongkok) vs Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (Indonesia) 21-17 dan 21-16
  • Ganda Putra: Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (Indonesia) vs Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (Indonesia) 21-18 dan 23-21