(Jelang Olimpiade) Ganda Putra Indonesia Diwakili The Minions dan Hendra/Ahsan

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (kanan) dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan di podium juara Daihatsu Indonesia Masters 2020 BWF World Tour Super 500.
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (kanan) dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan di podium juara Daihatsu Indonesia Masters 2020 BWF World Tour Super 500.
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan kemungkinan besar akan terpilih menjadi wakil ganda putra Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020 mendatang. Meski belum ada pengumuman resmi dari Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI), namun kedua pasangan tersebut dinilai punya kans paling besar bila berkaca dari raihan poin Race to Tokyo.

Berdasarkan catatan poin Race to Tokyo, sejauh ini Kevin/Marcus dan Hendra/Ahsan memang sudah ‘membooking’ tiket ke Tokyo. Marcus/Kevin berada di daftar teratas dengan raihan 101,693 poin. Kemudian, Ahsan/Hendra menyusul di posisi kedua dengan jumlah 96,757 poin. Batas perhitungan poin sebelum ke Tokyo jatuh pada 26 April 2020 mendatang atau di Kejuaraan Asia 2020 mendatang.

Mengutip dari jawapos.com, Ahsan mengaku sangat bersyukur bisa menjadi salah satu wakil Indonesia di Olimpiade nanti. “Alhamdulillah. Target pertama sudah tercapai. Sekarang tinggal menjaga kondisi. Masih banyak pertandingan sampai Olimpiade. Jadi, tetap jaga badan dan fokus dengan apa yang kita targetkan,” kata Mohammad Ahsan.

Sebelum ini, memang belum ada kepastian dari PP PBSI tentang siapa yang akan menjadi pendamping The Minions di sektor ganda putra untuk ke Olimpiade Tokyo 2020. Pasalnya, baik Hendra/Ahsan maupun Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sama-sama berpotensi. Namun bila berkaca dari hasil yang didapat sepanjang 2019, The Daddies lebih menonjol ketimbang Fajar/Rian.

Di 2019, Hendra/Ahsan sukses menyabet tahta Juara Dunia, tujuh kali runner up serta dua gelar juara di BWF World Tour termasuk All England 2019 BWF World Tour Super 1000 dan menjadi kampiun di turnamen penutup BWF World Tour Finals 2019 Guangzhou, Desember lalu.

Sementara itu, penampilan Fajar/Rian juga tidak bisa dibilang buruk. Ganda putra peringkat lima dunia ini berhasil mengoleksi dua gelar juara di Korea Open 2019 BWF World Tour Super 500 dan Swiss Open 2019 BWF World Tour Super 300. Meski begitu, Fajar/Rian tidak lebih konsisten dari The Daddies.

Karena pertimbangan itulah, The Minions dan Hendra/Ahsan yang ditunjuk PP PBSI untuk mewakili Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 mendatang. “Buat kita, sih, prestasi yang menentukan. Rasanya nggak fair banget karena mereka (Ahsan/Hendra dan Fajar/Rian) seimbang,” tutur Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti.

”Amit-amit jangan sampai ada yang cedera. Kalau sampai ada pun, masih tetap ada yang ganti,” lanjutnya menambahkan.