(Jelang Olimpiade Rio) Ganda Putri Cari Jawara Baru di Olimpiade

Internasional ‐ Created by TIF

TIONGKOK - Juara ganda putri bulutangkis Olimpiade 2012 London, Tian Qing/Zhao Yunlei dipastikan tidak akan mewakili negeri Tirai Bambu di arena Olimpiade 2016 Rio de Janeiro, Brasil, 5-21 Agustus mendatang. Praktis, di Brasil nanti, ganda putri cari jawara baru.

Pada Olimpiade 2016, Tiongokok berhasil meloloskan dua pasang ganda putrinya ke Brasil. Selain Tian Qing/Zhao Yunlei, ada juga Tang Yuanting dan Yu Yang berada di peringkat dua dunia Federasi Bulutangkis Dunia (BWF).

Namun, merujuk pada daftar skuad bulutangkis Tiongkok yang resmi dirilis Asosiasi Bulutangkis Tiongkok beberapa waktu lalu, pasangan ganda putri yang kini berada di peringkat tiga dunia itu tidak terdaftar. Hal itu pun sudah ditetapkan dalam daftar kontingen Olimpiade Tiongkok oleh Komite Olimpiade Nasinoal (NOC) Tiongkok beberapa waktu lalu.

Seperti dilansir situs Indianexpress.com, Selasa (19/7), posisi ganda putri yang kini duduk di peringkat tiga dunia itu bakal digantikan pasangan Luo Ying/Luo Lu yang saat ini berada di urutan tujuh dunia versi Federasi Bulutangkis Dunia (BWF). Kendati batal tampil di nomor ganda putri, Zhao Yunlei dipastikan tetap tampil di nomor ganda campuran bersama Zhang Nan. Seperti diketahui, Zhao Yunlei menjadi pebulutangkis pertama yang meraih dua gelar Olimpiade sekaligus di London empat tahun lalu.

Atas kondisi tersebut, alhasil Tiongkok masih menjaga asa untuk mempertahankan lima gelar juara yang direbutnya di London lalu. Di tunggal putri, Wang Yihan dan Li Xuerui masih dipercaya untuk kembali memboyong medali emas dari Brasil ke Tiongkok, begitu juga Lin 'Super' Dan di kategori tunggal putra.

Sementara itu, Wang Shixian yang absen di London 2012 lalu juga dipastikan tidak akan mewakili Tiongkok di Brasil. Padahal sebenarnya dia lolos kualifikasi usai menempati peringkat enam dunia pada batas akhir pengumpulan poin ke Olimpiade.

Pertandingan bulutangkis di Olimpiade 2016 bakal berlangsung mulai dari 11-20 Agustus 2016. Lokasi venue-nya terletak di Riocentro Pavillion 4, Rio de Janeiro, Brasil.

Berikut Daftar Skuad Bulutangkis Tiongkok di Olimpiade 2016 Rio de Janeiro

Tunggal Putra
Chen Long
Lin Dan

Tunggal Putri
Li Xuerui
Wang Yihan

Ganda Putra
Chai Biao/Hong Wei
Fu Haifeng/Zhang Nan

Ganda Putri
Tang Yuanting/Yu Yang
Luo Ying/Luo Yu

Ganda Campuran
Xu Chen/Ma Jin
Zhang Nan/Zhao Yunlei