Kaohsiung Masters 2024 - Sejarah Baru Tercipta Berkat Jesita/Febi

Jesita Putri Miantoro & Febi Setianingrum (Humas PP PBSI)
Jesita Putri Miantoro & Febi Setianingrum (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Jesita Putri Miantoro/Febi Setianingrum menjadi wakil Indonesia pertama yang memboyong pulang ke Tanah Air gelar juara Kaohsiung Masters. Ganda putri "Merah Putih" itu juga untuk kali pertama naik ke podium teratas turnamen bulu tangkis level BWF Tour Super 100 tersebut di di K-Arena, Kaohsiung, Taiwan, Minggu (23/6).

"Kemenangan ini merupakan gelar Super 100 pertama kami. Semoga dengan pencapaian ini kami bisa lebih percaya diri lagi. Semoga pula kelak bisa meraih gelar di next level," kata Jesita melalui keterangan pers Humas PP PBSI.

Jesita/Febi keluar sebagai juara turnamen bulu tangkis Kaohsiung Masters 2024, berkat kemenangan atas wakil tuan rumah, Sung Shuo Yun/Yu Chien Hui. Pasangan peringkat ke-43 dunia itu membutuhkan waktu selama 41 menit untuk meraih kemenangan dua gim 21-14, 21-18.

"Keberhasilan ini tentunya saya persembahkan untuk keluarga, pelatih, tim ganda putri, PBSI, dan masyarakat Indonesia," jelas Jesita.

Kaohsiung Masters, turnamen bulu tangkis yang baru berusia dua tahun, diikuti oleh banyak pebulu tangkis tuan rumah. Pada penyelenggaraan perdananya, sektor tunggal putra dan putri dikuasai oleh para pemain Taiwan, yaitu Lin Chun-Yi dan Liang Ting-Yu. Sementara, juara ganda putra diraih oleh wakil Malaysia Goh Sze Fei/Nur Izzuddin, ganda putri oleh Setyana Mapasa/Angela Yu (Australia), serta ganda campuran oleh Hiroki Nishi/Akari Sato.

Sementara pada tahun ini, Taiwan kembali menguasai podium teratas melalui nomor tunggal putra, tunggal putri, dan ganda putra. Indonesia dan Thailand masing-masing membawa pulang satu titel kampiun melalui nomor ganda putri daan ganda campuran.

Berikut hasil pertandingan Kaohsiung Masters 2024:
Ganda Campuran
Yang Po-Hsuan/Hu Ling Fang (Taiwan/1) vs. Ruttanapak Oupthong/Jhenicha Sudjaipraparat (Thailand/2) 18-21, 13-21

Tunggal Putri
Pai Yu Po (Taiwan/3) vs. Wen Chi Hsu (Taiwan/2) 20-22, 18-21

Ganda Putri
Jesita Putri Miantoro/Febi Setianingrum (Indonesia/3)
vs. Sung Shuo Yun/Yu Chien Hui (Taiwan/2) 21-14, 21-18

Tunggal Putra
Cheam June Wei (Malaysia/6) vs. Chia Hao Lee (Taiwan/4) 15-21, 12-21

Ganda Putra
Chen Zhi Ray/Lin Yu Chieh (Taiwan) vs. Chang Ko-Chi/Chen Xin-Yuan (Taiwan) 21-19, 16-21, 20-22