Kejuaraan Dunia 2023 - "Hilang Fokus Sedikit, Momentum Permainan Berpindah"

Daniel Marthin & Leo Rolly Carnando (Djarum Badminton)
Daniel Marthin & Leo Rolly Carnando (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Legenda bulu tangkis Indonesia Christian Hadinata mengingatkan agar para atlet menjaga fokus saat berlaga pada Kejuaraan Dunia 2023 di Kopenhagen, Denmark, 21-27 Agustus. Legenda bulu tangkis Indonesia yang belakangan ini sering berkunjung ke pelatnas PP PBSI di Cipayung, Jakarta, juga mengemukakan bahwa selain di arena pertandingan, mereka mesti fokus pada latihan serta profesional dan bertanggung jawab pada profesi yang dijalani.

"Kemampuan atlet Indonesia setara dengan negara lain. Ada satu faktor yang harus diperhatikan, yaitu harus bisa menjaga fokus sepanjang pertandingan," kata pria berumur 73 tahun ini kepada Kompas.

"Hilang fokus sedikit saja, momentum permainan akan berpindah ke lawan, apalagi pada permainan ganda putra yang bertempo cepat," tegasnya.

Dalam berita pada Selasa (15/8) dengan kepala berita "Harus Tingkatkan Fokus" disebutkan, Christian masih aktif mengikuti persaingan bulu tangkis dunia. Ia pun terlihat serius saat mengamati latihan yang dilakukan skuad "Merah Putih" di pelatnas pada pekan ini.

Mantan pelatih yang melahirkan sejumlah ganda putra Indonesia dengan prestasi dunia itu memberi masukan kepada pelatih. "Faktor penting yang saya ingatkan melalui pelatih adalah pemain harus bisa menjaga fokus sejak memasuki lapangan hingga selesai," ungkap Christian kepada media harian tersebut.

"Mereka harus bisa mempertahankan pola main yang benar. Jika lawan mengubah cara main, harus cepat beradaptasi dan fokus lagi. Apalagi, lawan yang akan dihadapi adalah pemain yang selama ini sering ditemui," Christian, menambahkan.

Pada Kejuaraan Dunia 2023, PP PBSI menargetkan dua gelar juara. Sektor yang diandalkan adalah tunggal putra dan ganda putra. Namun, induk organisasi olahraga pukul bulu itu juga menaruh harapan di sektor tunggal putri melalui Gregoria Mariska Tunjung. Sementara untuk nomor ganda putri dan ganda campuran, targetnya adalah hingga babak empat besar.