Kejuaraan Dunia 2023 - Putri KW Tetap Puas meski Kalah

Putri Kusuma Wardani (Humas PP PBSI)
Putri Kusuma Wardani (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Putri Kusuma Wardani tersisih di babak kedua Kejuaraan Dunia 2023, Selasa (22/8). Bertanding di Royal Arena, Kopenhagen, Denmark, tunggal putri Indonesia itu kalah tiga gim 18-21, 21-19, 21-17 dari He Bing Jiao asal China setelah bertarung selama 66 menit. Meski kalah dari unggulan kelima itu, Putri merasa tidak kecewa dengan pencapaiannya di kejuaraan dunia edisi ke-28 tersebut.

"Saya tetap puas karena bisa bermain baik, walau hasilnya belum menang. Saya hanya ingin tampil bagus saja, biar rankingnya juga naik," kata Putri kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

Lebih lanjut Putri mengungkapkan bahwa ia hanya ingin tampil konsisten, meski dalam posisi tertinggal dari He, yang kini menempati peringkat lima dunia itu. Dalam pertandingan ini, ia merasa mampu tampil tenang dan selalu siap meladeni permainan reli lawan. "Malah saya bisa mendapatkan banyak poin dari bermain reli. Tetapi, saya kadang kurang sabaran," tuturnya.

"Saya juga tidak menyangka bisa mengejar dari ketinggalan 1-11 di gim kedua dan bisa memberikan perlawanan lebih ketat. Semua nothing to lose saja. Meski sudah ketinggalan jauh, saya tetap bermain ngotot dan menikmati pertandingan. Bersyukur permainan saya bisa keluar semua," Putri, menambahkan.

Putri mengapresiasi upaya pelatih Indra Wijaya yang selalu memberikan semangat, mengingatkan jika ia membuat kesalahan atau keliru dalam menerapkan pola permainan.

Di lain sisi, menurut Putri, He adalah pemain luar biasa yang mampu bermain dengan tenang sepanjang pertandingan. "Walaupun sempat tertekan karena saya bisa mengejar, dia tidak gampang panik. Dia juga tidak gampang menyerah. Terus berusaha untuk bisa mendapatkan poin. Ini yang harus saya contoh dari dia," pungkasnya.