Kejuaraan Dunia 2023 - Ujian Kepercayaan Diri Putri KW

Putri Kusuma Wardani (Humas PP PBSI)
Putri Kusuma Wardani (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Kepala pelatih tunggal putri pelatnas bulu tangkis Indonesia Indra Wijaya mengakui, ada masalah yang tengah dihadapi Putri Kusuma Wardani. Performa pebulu tangkis berperingkat 33 dunia itu terus menurun. Selain itu, Putri dinilai masih kesulitan menjaga konsistensi permainan dan pola pikirnya. Lantas, apa target yang diberikan oleh pelatih kepada pebulu tangkis berusia 22 tahun itu pada Kejuaraan Dunia 2023?

"Seperti yang sama-sama kita tahu dan lihat bahwa (Putri) KW dari segi kepercayaan diri terutama di mental bertandingnya itu ada masalah. dan ini yang coba kita terus perbaiki dalam latihan, begitu pun diskusi bersama," ungkap Indra kepada sejumlah wartawan di pelatnas PP PBSI, Cipayung, Jakarta, pada pekan ini.

"Dari latihan dan persiapan, saya lihat sangat baik. Namun, penampilan di pertandingannya, ya, pressure-pressure yang nggak perlu, kadang-kadang anak ini masih bawa itu ke pertandingan. sebetulnya itu membebani diri sendiri," Indra, menambahkan.

Indra juga menekankan, dari segi konsistensi menjadi perhatian khusus untuk sektor yang ia bina, demi mengantarkan para pemain berkompetisi dengan optimal pada kejuaraan yang akan digelardi Kopenhagen, Denmark, 21-27 Agustus 2023. "Yang saya mau, sih, (Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani) mengeluarkan kemampuan maksimal dulu. Terutama untuk Putri (KW) yang pada pertandingan terakhir selalu naik-turun. Gregoria juga sama," jelasnya.

"Saya rasa di Kejuaraan Dunia, babak demi babak harus dicermati. Itu yang harus dipersiapkan," tambah Indra.

Ia pun menaruh harapan agar Putri dapat menunjukkan performa terbaiknya terlebih dahulu pada kejuaraan dunia edisi ke-28 tersebut. "Keluarkan dulu permainan terbaik. Jangan terbebani dengan hal-hal non-teknis yang nggak perlu," pungkasnya.

Di babak pertama, Putri akan berhadapan dengan wakil Ukraina, Polina Buhrova. Jika menang, Putri akan bertemu unggulan kelima dari China, He Bing Jiao.