Korea Open 2022 - Tuan Rumah Mendominasi Partai Final

Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong (Humas PP PBSI)
Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Korea Selatan mendominasi partai puncak Korea Open 2022 dengan menempatkan empat wakil dari lima nomor yang dipertandingkan. Sementara, Indonesia dan Thailand masing-masing memiliki dua wakil, disusul satu wakil masing-masing dari China dan Malaysia. Dua wakil India gagal ke final turnamen yang digelar di Palma Indoor Stadium, Suncheon, ini, usai pemain tunggal putra dan putri mereka kandas di babak semifinal.

Ganda campuran Ko Sung Hyun/Eom Hye Won memastikan tiket final pertama yang diraih wakil tuan rumah, setelah keduanya mengalahkan rekan senegara mereka, Kim Won Ho/Jeong Na Eun. Unggulan keempat turnamen tersebut menang straight games 21-9, 21-15 dalam tempo 47 menit.

Pada sektor tunggal putri, An Seyoung, yang menempati unggulan kedua, juga menang dua gim langsung atas unggulan ketiga Pusarla V. Sindhu. "Si anak ajaib" menyudahi perlawanan pebulu tangkis India tersebut dengan skor 21-14, 21-17    

Sementara, setelah melalui drama tiga gim, Kang Minhyuk/Seo Seungjae memastikan tiket final ketiga bagi wakil tuan rumah. Pasangan muda tersebut menang 21-16 17-21 21-9 atas unggulan kedua Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Kemenangan yang diraih Kang/Seo setelah bertarung selama 56 menit, sekaligus menggagalkan peluang "all Indonesian final" pada sektor ganda putra.

Indonesia menempatkan dua wakil pada partai puncak Korea Open 2022, yakni Jonatan Christie alias Jojo pada sektor tunggal putra dan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Lawan Jojo di babak final adalah Weng Hong Yang, satu-satunya wakil China. Kemudian, Fajar/Rian bertemu ganda putra tuan rumah Kang/Seo.

Malaysia juga menempatkan satu wakil di partai puncak melalui ganda campuran Tan Kian Meng/Lai Pei Jing. Tan/Lai akan meladeni pasangan tuan rumah Ko/Eom.

Hal hampir serupa bagi Thailand yang memiliki dua wakil di final turnamen berlevel BWF World Tour Super 500 ini, yakni tunggal putri Pornpawee Chochuwong dan ganda putri Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard.

Di babak semifinal, unggulan keenam turnamen Pornpawee bertarung selama 74 menit untuk memenangi rubber game 17-21 21-14 21-14 atas wakil tuan rumah Kim Gaeun. Sementara, kakak beradik Benyapa dan Nuntakarn juga mengatasi wakil Korea Selatan Eom Hye Won/Bo Ryeong Kim.

Di final, Pornpawee dan Amisaard bersaudara kembali bertemu pemain-pemain tuan rumah yang juga menempati unggulan kedua turnamen pada sektor tunggal putri dan ganda putri, yakni An Seyoung dan Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong.

Berikut jadwal final Korea Open 2022, yang dimulai pada pukul 11:00 waktu setempat atau 09:00 WIB, Minggu (10/4):

Ganda Campuran
Ko Sung Hyun/Eom Hye Won (Korea Selatan/4) vs. Tan Kian Meng/Lai Pei Jing (Malaysia/2)

Tunggal Putri
Pornpawee Chochuwong (Thailand/6) vs. An Seyoung (Korea Selatan/2)

Tunggal Putra
Weng Hong Yang (China) vs. Jonatan Christie (Indonesia/3)

Ganda Putri
Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard (Thailand) vs. Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong (Korea Selatan/2)

Ganda Putra
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto
(4) vs. Kang Minhyuk/Seo Seungjae (Korea Selatan)