Korea Open 2023 - Dejan/Gloria Menang, Lawan Mundur saat "Match Point"

Gloria Emanuelle Widjaja & Dejan Ferdinansyah (Humas PP PBSI)
Gloria Emanuelle Widjaja & Dejan Ferdinansyah (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Yeosu | Kejadian unik terjadi di babak 32 besar Korea Open 2023 saat laga ganda campuran antara pasangan Indonesia Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja dan pasangan Taiwan Yang Po-Hsuan/Hu Ling Fang. Yang mengalami cedera pergelangan kaki yang membuatnya tidak lagi mampu melanjutkan pertandingan. Dalam laga di Jinnam Stadium, Rabu (19/7), Dejan/Gloria yang sudah unggul 21-10 di gim pertama, dan akhirnya lolos ke babak 16 besar setelah Yang/Hu mundur di poin 20-17 gim kedua.

"Kami bersyukur, puji Tuhan diberikan kelancaran bisa ke babak 16 besar hari ini walau tadi ada kejadian yang tidak diharapkan ya. Di poin akhir lawan kami mundur karena ada cedera. Kami berharap cedera Yang (Po-Hsuan) tidak terlalu serius," kata Gloria, melalui siaran pers Humas PP PBSI.

"Di pertandingan tadi kondisi lapangannya normal dan shuttlecock agak sedikit kencang jadi saya yang punya andalan bola-bola atas harus bisa memaksimalkan. Tadi komunikasi ke kak Gloria juga bagaimana kami harus terus mencari pola serangan," ungkap Dejan.

Di pertandingan kali ini, seperti dilaporkan PP PBSI, Dejan/Gloria memang tampil dominan. Serangan-serangan mereka sulit dibendung Yang/Hu terutama di gim pertama. Di gim kedua, Dejan/Gloria sempat unggul 10-4 dan 13-10 sebelum akhirnya kembali didekati lawan.

"Di gim pertama kami bisa langsung menemukan pola permainan yang kami inginkan. Kami terus menekan mereka. Di gim kedua saya banyak melakukan kesalahan-kesalahan sendiri sehingga membuat Dejan juga terpengaruh," jelas Gloria.

"Tapi dengan komunikasi yang lancar antara saya dan Dejan, juga pelatih, kami bisa kembali ke performa kami. Ini yang memang coba kami perbaiki selama ini. Komunikasi saya dengan Dejan semakin cair. Kami menurunkan ego masing-masing, bertemu di tengah untuk tujuan yang lebih besar dan lebih baik," Gloria, menambahkan.

Dengan kemenangan ini, Dejan/Gloria menyusul rekannya Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang sudah terlebih dahulu lolos ke babak 16 besar. Praveen/Melati lolos tanpa berkeringat setelah calon lawannya Hei Yong Kai Terry/Jessica Tan Wei Han asal Singapura, menyatakan mundur.