Korea Open 2023 - Fajar/Rian Runner-up

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Humas PP PBSI)
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal merebut gelar juara Korea Open 2023, setelah dikalahkan pasangan dari India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, di final, Minggu (23/7). Ganda putra nomor satu dunia menempati posisi runner-up seusai bertarung tiga gim 21-17, 13-21, 14-21 dalam pertandingan yang digelar di Jinnam Stadium, Yeosu, Korea Selatan.

"Alhamdulillah, tetap bersyukur karena pertandingan Korea Open 2023 ini selesai, walau belum berhasil mempersembahkan gelar bagi Indonesia, khususnya PBSI. Kami pastinya ingin hasil yang lebih tapi lawan bermain sangat baik hari ini. Sementara, kami banyak melakukan kesalahan-kesalahan sendiri," jelas Fajar melalui keterangan pers Humas PP PBSI.

Lebih lanjut Fajar mengungkapkan, Satwiksairaj/Chirag memiliki kecepatan dan tenaga yang kuat, serta pola permainan sangat merepotkan mereka. Performa duo India ini di Yeosu, menurutnya, bertolak belakang kala kedua pasangan bertemu pada Indonesia Open 2023.

Meski dapat memenangkan gim pembuka, menurut Rian, Satwiksairaj/Chirag sudah lebih percaya diri di gim kedua dan penutup sehingga sangat sulit untuk didikte oleh Fajar/Rian. "Di gim pertama kami bisa menerapkan strategi dengan baik. Tapi saat kami sudah unggul jauh, mereka mulai menemukan bentuk permainannya. Lalu perlahan mengejar perolehan poin kami," jelasnya.

"Lawan sudah lebih percaya diri di gim kedua dan ketiga," demikian Fajar.