Lee Chong Wei Gantung Raket

Selebrasi Lee Chong Wei (Malaysia).
Selebrasi Lee Chong Wei (Malaysia).
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Legenda hidup bulutangkis dunia asal Malaysia, Lee Chong Wei secara resmi mengumumkan bila dirinya gantung raket alias pensiun dari dunia yang telah digelutinya selama 19 tahun. Pengumuman tersebut disiarkan dalam konferensi pers yang ditayangkan melalui Facebook Federasi Bulutangkis Malaysia (BAM), Kamis (13/6). Keputusan ini lantas menyudahi berbagai macam spekulasi mengenai masa depan karir profesional pebulutangkis berusia 36 tahun ini.

Dalam konfrensi pers yang berlangsung di menara KBS ini, Lee Chong Wei didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Syed Saddiq Abdul Rahmad, dan Presiden BAM, Datuk Seri Norza Zakaria. “Saya ingin mengumumkan bahwa saya memutuskan pensiun dari olahraga yang sudah saya geluti selama 19 tahun,” tegas Lee Chong Wei sebagaimana dikutip BolaSport.com dari The Star.

Berdasarkan informasi yang beredar, Lee Chong Wei tidak mendapat rekomendasi untuk bermain dan bertanding di kejuaraan resmi dari tim dokter yang menangani kanker hidungnya. Meski begitu, Lee Chong Wei sempat menampik kabar tersebut dan mengatakan ingin berkomunikasi terlebih dahulu dengan pihak BAM.

Kondisi kesehatan menjadi alasan utama Lee Chong Wei untuk mengakhiri karir profesional bulutangkisnya. “Ini adalah keputusan yang sulit. Namun saya tak punya pilihan lain setelah berkonsultasi dengan dokter di Jepang bulan lalu,” pungkas mantan pebulutangkis tunggal putra nomor satu dunia ini.

Selain tiga medali perak Olimpiade, Lee Chong Wei juga berhasil mengoleksi tiga perak dan satu perunggu di Kejuaraan Dunia, lima medali emas Commonwealth Games, ditambah satu perak untuk perorangan dan empat perunggu beregu sepanjang Asian Games.

Sayonara Lee Chong Wei.