Malaysia Masters 2024 - Hanya Rinov/Pitha yang Bertahan

Pitha Haningtyas Mentari & Rinov Rivaldy (Humas PP PBSI)
Pitha Haningtyas Mentari & Rinov Rivaldy (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Indonesia meloloskan empat wakil ke perempat final Malaysia Masters 2024. Namun, hanya satu wakil yang berhasil melaju ke babak empat besar turnamen bulu tangkis level BWF World Tour Super 500 tersebut, melalui ganda campuran unggulan ketiga Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. Mereka menang atas sesama pasangan "Merah Putih", Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, melalui tiga gim 21-9, 18-21, 21-8.

"Bersyukur bisa menang dan maju ke semifinal, meskipun sebenarnya saya tidak dalam kondisi fit. Hanya lawan sepertinya juga lagi tidak enak bermain, sehingga kami bisa leluasa bermain dan menang," tanggap Rinov kepada tim Humas dan Media PP PBSI, usai pertandingan yang digelar di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia, pada Jumat (24/5).

Sementara, Pitha mengucap syukur atas pencapaian semifinal ini. Ia lantas mengapresiasi penampilan partnernya yang tetap berjuang keras untuk merebut kemenangan dalam kondisi fisik yang kurang fit. "Saya apresiasi penampilan Rinov. Meskipun sangat tidak 100 persen, dia bisa melawan dirinya sendiri untuk tampil maksimal," katanya.

Di semifinal, Rinov/Pitha akan menantang unggulan kedua asal Denmark, Mathias Christiansen/Alexandra Bøje. Kedua pasangan masing-masing telah mengantongi dua kemenangan dalam empat pertemuan sebelumnya. "Untuk menghadapi pertandingan semifinal besok, kami tentu siap dan semoga dimampukan bisa menyelesaikan pertandingan dengan kemenangan. Mau siapa pun lawannya, pasangan Denmark atau China, kami siap," ujar Pitha.

Wakil Indonesia di sektor ganda campuran, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, harus mengakui keunggulan pasangan tuan rumah, Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie. Kedua pasangan bertarung sengit melalui tiga gim yang berakhir dengan skor 12-21, 21-17, 21-17 bagi Goh/Lai. "Sangat disayangkan di gim kedua saat bisa mengejar, kami malah tidak bisa memanfaatkan kesempatan. Padahal, Goh Soon Huat terlihat ada kesakitan. Namun, kami tak bisa memanfaatkannya," kata Lisa.

Kekalahan juga dialami Putri Kusuma Wardani di nomor tunggal putri. Ia kalah dalam pertarungan ketat tiga gim dengan skor 12-21, 23-21, 16-21. "Meskipun kalah saya tetap puas dan senang dengan permainan hari ini. Banyak pembelajaran yang bisa saya dapatkan dari pertandingan ini. Saya bisa bermain lebih baik walaupun hasilnya kalah," paparnya.

"Dari penampilan, terasa ada peningkatan. Ini berkat hasil latihan. Juga karena sharing dengan orangtua dan pelatih. Hasil ini tentu menambah rasa percaya diri saya untuk bisa bangkit kembali seperti dulu," demikian Putri.

Berikut hasil pertandingan para wakil Indonesia di perempat final Malaysia Masters 2024:

  • Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie (Malaysia/4) vs. Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati (Indonesia/7) 12-21, 21-17, 21-17
  • Putri Kusuma Wardani (Indonesia vs. Busanan Ongbamrungphan (Thailand) 12-21, 23-21, 16-21
  • Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja (Indonesia/6) vs. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Indonesia/3) 9-21, 21-18, 8-21