(Malaysia Open 2017) Jonatan Banyak Ambil Pelajaran Dari Lin Dan

World Superseries Premier ‐ Created by AH

Kuching - Merah Putih dipastikan hanya mampu mengirim dua wakilnya ke babak semifinal Malaysia Open Superseries Premier 2017. Yakni pasangan ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, dan pasangan campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Sedangkan satu wakil lagi dari sektor tunggal putra, yakni Jonatan Christie yang baru saja selesai melakoni laga perempat final tadi malam, Jumat (7/4) diapastikan gagal menyusul rekannya ke semifinal setelah takluk di tangan musuhnya asal Tiongkok, Lin Dan.

Pertarungan Lin dan Jonatan sebetulnya cukup menarik sejak awal laga. Meski Lin terlebih dahulu mengamankan game pertama usai unggul 21-15, namun Jonatan sempat mampu tampil apik di game kedua, dan mampu mencuri kemenangan 14-21.

Game penentu pun terpaksa harus dimainkan. Namun sayang, penampilan Jonatan tak bisa seperti di game kedua pada game penentu itu. Terlihat dirinya tak bisa keluar dari tekanan lawan dan terus saja tertinggal angka atas Lin, sebelum akhirnya harus menyerah di kedudukan angka yang cukup jauh 9-21.

Walaupun pada pertemuan sebelumnya di BCA Indonesia Open Superseries Premier 2016 Jonatan mampu mengalahkan Super Dan, namun kala itu ia merasa lawannya tersebut tak tampil total.

Kali ini dia mengeluarkan semua kemampuannya, terlihat sekali pukulan-pukulannya matang. Dia pemain yang berpengalaman, tidak mudah dapat satu angka dari Lin Dan, harus banyak mengeluarkan tenaga. Di game kedua, Lin Dan merasa kecolongan di awal, jadi dia sepertinya bersiap untuk game ketiga saja,” kata Jonatan soal pertandingannya.

Banyak yang saya pelajari dari seorang Lin Dan di pertemuan ini. Dia sabar sekali, tidak pernah mau buru-buru mematikan bola, tetapi diolah dulu, fokus pukulan demi pukulan. Stroke nya juga bagus, saya belajar dari cara dia menerapkan stroke,” tambah Jonatan.

Di awal sih ada rasa nervous mau ketemu Lin Dan lagi, tetapi saya anggap ini tantangan buat saya. Pelatih saya bilang ini adalah batu loncatan buat saya untuk kejuaraan selanjutnya, ambil sebanyak mungkin pelajaran saat berhadapan dengan Lin Dan,” tutur Jonatan.

Dengan demikian di laga semifinal yang berlangsung hari ini, Sabtu (8/4) Merah Putih akan diwakili oleh Marcus/Kevin yang akan menghadapi wakil Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda, Dan Tontowi/Liliyana yang akan menghadapi wakil Tiongkok, Lu Kai/Huang Yaqiong.