Malaysia Open 2024 - Makna Penting Pertandingan Pertama

Jonatan Christie (Humas PP PBSI)
Jonatan Christie (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, berpendapat bahwa pertandingan pembuka pada Malaysia Open 2024 yang sekaligus menjadi laga perdana pada 2024, memiliki makna sangat penting. Peraih medali emas Asian Games Jakarta-Palembang 2018 ini bertemu wakil India, Kidambi Srikanth, di hari pertama turnamen BWF World Tour Super 1000 tersebut pada Selasa (9/1), di Axiata Arena, Kuala Lumpur.

"Karena ini pertandingan pertama di tahun 2024, pastinya cukup penting untuk modal ke depannya, terlebih bakal ada Olimpiade," tutur pemain yang akrab disapa Jojo ini, melalui keterangan pers Humas PP PBSI, Senin (8/1).

"Tapi fokus saya satu-satu dulu, maksimal hari demi hari," Jojo, menambahkan.

Jojo bersama para pemain yang mengisi skuad bulu tangkis Indonesia mempersiapkan diri dengan menggelar latihan di arena pertandingan Axiata Arena, Kuala Lumpur, Senin (8/1), sehari menjelang bergulirnya turnamen yang berlangsung pada 9-14 Januari tersebut. Latihan tersebut dilakukan untuk mengetahui situasi lapangan dan kondisi atlet.

"Dari keseluruhan latihan hari ini oke, semua berjalan dengan baik. Sudah tahu kondisi lapangan seperti apa dan setiap lapangan mungkin akan mempengaruhi strategi permainan juga," paparnya.

Tim Indonesia pada Malaysia Open 2024 diisi dua pemain tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting dan Jojo, serta dua pemain tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani.

Lebih lanjut, ada empat ganda putra yang mewakili Indonesia, yakni Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Selanjutnya, terdapat tiga ganda campuran yaitu Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, dan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja.

Sementara, tidak ada wakil Indonesia di sektor ganda putri menyusul absennya Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di turnamen pembuka 2024 ini.