Menanti Sinaran Talenta Muda Malaysia

Aaron Chia & Soh Wooi Yik (Foto: BADMINTONPHOTO/Shi Tang)
Aaron Chia & Soh Wooi Yik (Foto: BADMINTONPHOTO/Shi Tang)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Kontingen Malaysia telah mempersiapkan skuat anyar mereka untuk Piala Sudirman 2021 yang didominasi para talenta muda. Ganda putra andalan Malaysia Soh Wooi Yik/Aaron Chia memprediksi, skuat muda ini bakal memberi kejutan di ajang kejuaraan beregu campuran tersebut, yang menurut rencana digelar di Vantaa, Finlandia, pada 26 September-3 October.

Soh/Chia adalah pasangan peringkat delapan dunia yang menyudahi perjuangan ganda putra Indonesia Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dalam perebutan medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020. Menurut situs BWF Badminton, keduanya adalah bintang Malaysia, selain pemain senior Zii Jia yang juga turut mewakili skuat Negeri Jiran ini di ajang bergengsi tersebut.

"Kami percaya bahwa selalu ada kesempatan yang sama bagi setiap pemain," ujar Chia, 24 tahun kepada New Strait Times.

"Para pemain muda kami perlu menambah pengalaman dan ini adalah momen yang tepat bagi mereka untuk bersinar. Menang atau kalah bukan soal utama, tapi berjuanglah di lapangan dan berikan yang terbaik bagi negara. Dan saya berharap, atlet-atlet muda kami dapat unjuk kemampuan kepada dunia," Chia, menambahkan.

Sementara Soh berpendapat, prestasi di Tokyo 2020 menjadi tolok ukur bahwa Malaysia dapat memberikan kejutan di Piala Sudirman 2021. Pencapaian di pesta olahraga empat tahunan itu juga melecut semangat keduanya untuk meraih hasil terbaik di Piala Thomas dan Uber di Aarhus, Denmark, 9-17 Oktober.

"Malaysia memiliki potensi dan kami berharap dapat memberikan yang terbaik. Hal utama bagi adalah untuk tetap berjuang, tenang, dan berani. Jika kami mampu membuktikannya di Olimpiade, maka besar pula peluang untuk mengulangi prestasi yang sama," jelas atlet berumur 23 tahun tersebut.

Malaysia, yang sudah 16 kali berlaga di Piala Sudirman, kali ini mematok target mencapai perempat final. Prestasi terbaik mereka di ajang beregu ini adalah empat besar pada Piala Sudirman 2009 di Guangzhou.

Di Vantaa, kala kompetisi mulai digulirkan pada Minggu (26/9), Malaysia berada di Grup D bersama Jepang, Inggris, dan Mesir.

Berkut para pemain Malaysia di Piala Sudirman 2021:
Tunggal putra:
Lee Zii Jia, Ng Tze Yong.
Ganda putra: Aaron Chia-Soh Wooi Yik, Man Wei Chong-Tee Kai Wun.
Tunggal putri: S. Kisona, Eoon Qi Xuan.
Ganda putri: Pearly Tan-M.Thinaah, Yap Ling-Teoh Mei Xing.
Ganda campuran: Hoo Pang Ron-Cheah Yee See, Chen Tang Jie-Peck Yen Wei.