Olimpiade Paris 2024 - BWF Sebut Grup A Ganda Putri sebagai "Ladang Ranjau"

Siti Fadia Silva Ramadhanti (Djarum Badminton)
Siti Fadia Silva Ramadhanti (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), Jumat (12/7) petang, resmi mengumumkan undian grup untuk empat nomor yang akan dipertandingkan pada Olimpiade Paris 2024. Tantangan berat sejak awal bagi sejumlah wakil Indonesia, terlebih di sektor ganda putri yang diwakili oleh Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang menghuni Grup A.

"Grup A ganda putri menjadi `ladang ranjau`, menampilkan finalis Tokyo 2020," tulis BWF melalui laman resminya.

Juara dunia empat kali dan peraih medali perak Tokyo 2020 asal China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan, bertemu dengan peraih medali emas Apriyani Rahayu, yang kali ini berpasangan dengan Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Selain dua pasangan kuat tersebut, Grup A juga dihuni juara dunia dua kali Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara (Jepang) dan juara Commonwealth Games Pearly Tan/Thinaah Muralitharan (Malaysia). "Hanya dua pasangan teratas dari masing-masing grup yang akan melaju ke babak sistem gugur (perempat final)," BWF, menyatakan.

Sementara, Antara melaporkan, satu-satunya wakil Indonesia di nomor ganda campuran, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, tergabung dalam Grup A. Grup ini juga dihuni oleh unggulan pertama Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China), Kim Won Ho/Jeong Na Eun (Korea Selatan), dan wakil tuan rumah Thom Gicquel/Delphine Delrue.

Di nomor tunggal putri, pemain andalan Indonesia sekaligus unggulan ketujuh Gregoria Mariska Tunjung berada di Grup G bersam Polina Buhrova (Ukraina) dan Tereza Švábíková (Republik Ceko).

Selanjutnya di nomor tunggal putra, unggulan ketiga Jonatan Christie masuk di Grup L bersama dengan Lakshya Sen (India), Kevin Cordón (Guatemala), dan Julien Carraggi (Belgia). Sementara, unggulan kesembilan Anthony Sinisuka Ginting menghuni Grup H bersama Toma Junior Popov (Prancis) dan Howard Shu (Amerika Serikat).

Di sisi lain, undian babak grup bulu tangkis Olimpiade Paris 2024 untuk sektor ganda putra ditunda menyusul hasil sidang Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) yang mengabulkan permohononan tuan rumah untuk mengizinkan dua wakilnya berlaga di nomor tersebut.

Sebelumnya, CAS memberikan rekomendasi agar Ronan Labar/Lucas Corvee mendapat pengecualian dan bisa ikut di Olimpiade Paris 2024. Hal itu membuat nomor ganda putra diikuti oleh 17 pasangan, dan Prancis diwakili juga oleh Christo Popov/Toma Junior Popov, terlepas dari keduanya yang berada di luar peringkat 30 besar.

Untuk sektor ganda putra, Indonesia diwakili oleh Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.