Olimpiade Paris 2024 - PBSI: Hasil Undian Disikapi dengan Optimisme

Pitha Haningtyas Mentari (Djarum Badminton)
Pitha Haningtyas Mentari (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Ricky Soebagdja mengatakan, hasil undian cabang olahraga bulu tangkis pada Olimpiade Paris 2024 yang telah diumumkan oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) pada Jumat (12/7) petang, harus disikapi dengan optimisme. Ia juga berharap, penundaan pengundian nomor ganda putra tidak berpanjang-panjang.

"Hasil undian ini harus disikapi dengan optimisme dan kesiapan yang lebih lagi," kata Ricky, sebagaimana dilaporkan Antara, Jumat (12/7).

Sementara, Antara melaporkan, satu-satunya wakil Indonesia di nomor ganda campuran, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, tergabung dalam Grup A. Grup ini juga dihuni oleh unggulan pertama Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China), Kim Won Ho/Jeong Na Eun (Korea Selatan), dan wakil tuan rumah Thom Gicquel/Delphine Delrue.

Di nomor tunggal putri, pemain andalan Indonesia sekaligus unggulan ketujuh Gregoria Mariska Tunjung berada di Grup G bersam Polina Buhrova (Ukraina) dan Tereza Švábíková (Republik Ceko).

Selanjutnya di nomor tunggal putra, unggulan ketiga Jonatan Christie masuk di Grup L bersama dengan Lakshya Sen (India), Kevin Cordón (Guatemala), dan Julien Carraggi (Belgia). Sementara, unggulan kesembilan Anthony Sinisuka Ginting menghuni Grup H bersama Toma Junior Popov (Prancis) dan Howard Shu (Amerika Serikat).

Juara dunia empat kali dan peraih medali perak Tokyo 2020 asal China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan, bertemu dengan peraih medali emas Apriyani Rahayu, yang kali ini berpasangan dengan Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Di sektor ganda putri, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, juga berada di Grup A bersama unggulan pertama asal China Chen Qing Chen/Jia Yi Fan. Grup A ganda putri juga dihuni oleh Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara (Jepang) dan Pearly Tan/Thinaah Muralitharan (Malaysia).

"Memang tidak ada lawan yang mudah di Olimpiade. Semua lawan sama beratnya dan pasti semua akan melakukan yang terbaik untuk hasil yang terbaik juga," kata Ricky.

Kesembilan atlet bulu tangkis Indonesia pun akan berangkat ke Chambly, Prancis, Sabtu (13/7), untuk menjalani pemusatan latihan jelang Olimpiade. "Selain sebagai aklimatisasi dan adaptasi, pola latihan tentunya sudah mengarah ke strategi pertandingan, mempelajari lebih detil kelebihan dan kekurangan calon-calon lawan," ujar Ricky.

Adapun untuk nomor ganda putra, Ricky mengatakan pihaknya masih menunggu keputusan final dari BWF dan Komite Olimpiade Internasional (IOC) terkait penambahan peserta untuk wakil tuan rumah. "Semoga tidak berlarut-larut dan bisa segera dilakukan undian," pungkasnya.