Olimpiade Paris 2024 - PBSI: Para Atlet Sudah Siap Bertanding

Jonatan Christie (Humas PP PBSI)
Jonatan Christie (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Ricky Soebagdja memastikan, sembilan atlet bulu tangkis Indonesia sudah siap untuk menghadapi laga pertama di fase grup Olimpiade Paris 2024, yang bergulir mulai Sabtu (27/7). Peraih medali emas Olimpiade Atlanta 1996 itu tak menampik, ketegangan pasti akan hadir bagi para atlet.

"Kondisi sembilan atlet dalam keadaan baik dan sudah siap bertanding. Mudah-mudahan mereka bisa menjaga performa," kata Ricky, sebagaimana dilaporkan Antara, Jumat (26/7).

Terkait ketegangan yang akan hadir bagi para pebulu tangkis "Merah Putih", Ricky berharap, dengan adanya pemusatan latihan di Chambly, Prancis, bisa menjadi amunisi bagi para pemain untuk bertanding maksimal. "Ketegangan dan beban di partai pertama pasti ada tapi semoga mereka bisa menanganinya. Salah satu caranya adalah dengan bermain percaya diri," ungkapnya.

Pemusatan latihan di Chambly selama kurang lebih sembilan hari telah berakhir. Pendampingan oleh mentor, tim sparring, tim pendukung, dan pelatih, menjadi salah satu sorotan penting agar Jonatan Christie dan kawan-kawan bisa mendapatkan kepercayaan diri itu. "Apa yang mereka dapatkan dari latihan ataupun pertandingan bukan hanya satu dua bulan belakangan tapi sudah bertahun-tahun. Ini saatnya membuktikan di Olimpiade Paris 2024," jelasnya.

"Apa yang dipersiapkan sudah maksimal dari segala hal, non-teknis maupun teknis, terutama," Ricky, menambahkan.

Pada laga pertama fase grup Paris 2024, akan tampil sejumlah wakil Indonesia pada Sabtu (27/7) sore WIB.

Ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti akan menghadapi pasangan Jepang, Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara, di Grup A. Ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang bakal berjumpa dengan wakil Jerman, Mark Lamsfuß/Marvin Seidel, di Grup C.

Di sektor ganda campuran, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari yang akan berhadapan dengan pasangan Korea Selatan, Kim Won Ho/Jeong Na Eun, di Grup A. Sementara, di sektor tunggal putra, unggulan ketiga Jonatan Christie bertemu dengan pemain Belgia, Julien Carraggi, di Grup L.