Olimpiade Paris 2024 - "Persiapan Kami Sudah Cukup Baik"

Menteri Pemuda & Olahraga Dito Ariotedjo, Presiden Joko Widodo, dan Jonatan Christie (BPMI Setpres/Muchlis Jr)
Menteri Pemuda & Olahraga Dito Ariotedjo, Presiden Joko Widodo, dan Jonatan Christie (BPMI Setpres/Muchlis Jr)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Indonesia mengirimkan 29 atlet ke Prancis untuk bertanding di 12 cabang olahraga pada Olimpiade Paris 2024, 26 Juli-11 Agustus. Sepanjang keikutsertaan Indonesia pada Olimpiade sejak 1952, bulu tangkis selalu menjadi cabang andalan meraih emas. Jonatan Christie, salah satu atlet bulu tangkis di nomor tunggal putra, menyampaikan rasa optimismenya dalam menghadapi ajang olahraga internasional empat tahunan tersebut.

"Sampai hari ini, sampai detik ini kita sudah berlatih cukup keras. Dan beberapa hari lagi kita akan berangkat menuju ke Paris, ada training camp dulu. Jadi saya rasa overall dari persiapan kami sudah cukup baik," kata Jojo, sapaannya, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (10/7), dikutip dari laman Presiden RI.

Pada Rabu (10/7) pagi, Jojo dan puluhan atlet Indonesia lainnya secara resmi dilepas oleh Presiden Joko Widodo untuk berlaga di Paris 2024. Cabang olahraga bulu tangkis, yang telah menyumbang delapan medali emas Indonesia di Olimpiade, menjadi motivasi sekaligus tantangan bagi skuad bulu tangkis Indonesia di Paris 2024.

Jojo optimistis, para atlet "Merah Putih" aman menunjukkan performa terbaik mereka untuk membawa pulang medali ke Tanah Air. "Sama seperti di tahun 2024 ini, saya rasa kita juga memiliki tujuan, target yang sama juga. Terlepas dari itu kita akan menampilkan yang terbaik dan berusaha semaksimal mungkin," ujarnya.

Indonesia meloloskan enam wakil dari semua nomor dalam perebutan lima medali emas cabang bulu tangkis di Adidas Arena, Paris, Prancis. Mereka yang akan berebut medali itu adalah Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, dan Gregoria Mariska Tunjung, pada nomor tunggal putra dan putri. Sementara wakil dari tiga nomor ganda adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, serta Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Menurut rencana, tim bulu tangkis "Merah Putih" akan bertolak ke Prancis pada 13 Juli dan langsung menjalani training camp di Chambly, kota yang berjarak sekitar 40 km di utara Paris. Sementara, persaingan bulu tangkis berlangsung pada 27 Juli-5 Agustus di Adidas Arena.