Orléans Masters 2022 - Main tanpa Beban, Putri KW Melesat ke Final

Putri Kusuma Wardani (Humas PP PBSI)
Putri Kusuma Wardani (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Sepak terjang Putri Kusuma Wardani di ajang Orléans Masters 2022 belum terbendung. Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia itu memastikan satu tempat di babak final turnamen berlevel BWF World Tour Super 100 tersebut, setelah secara mengejutkan menang dua gim langsung 21-10, 22-20, atas wakil Denmark unggulan ketiga, Line Højmark Kjaersfeldt, di babak semifinal, Sabtu (2/4).

"Sebenarnya dari awal saya hanya mencoba main tanpa beban," ungkap Putri dalam siaran pers Humas PP PBSI, Minggu (3/4).

"Lawan saya jauh lebih di atas, baik dari segi peringkat maupun pengalaman. Saya tidak mau berpikir menang atau kalah, yang penting memberikan yang terbaik," lanjut Putri.

Berlaga di Palais des Sports, Orléans, Prancis, Putri tampil sangat dominan dan tanpa menemui kesulitan di gim pertama. Laga mulai berimbang di gim kedua, Putri sempat unggul 18-14 sebelum Kjaersfeldt yang berperingkat 33 dunia itu mulai memburunya.

Lengah dan fokus goyah membuat Putri terus kehilangan poin demi poin hingga terjadi skor sama kuat 20-20. Di angka kritis ini, mendengarkan arahan pelatih menjadi kunci bagi Putri hingga dapat menuntaskan pertandingan. "Saya sempat lengah dan tidak fokus. Seperti lupa harus pakai pola apa untuk mematikan dia," jelas pemain berperingkat 78 dunia.

"Setelah setting saya nekat saja dan terus mengikuti instruksi pelatih di belakang," Putri, menambahkan.

Di laga final, Minggu (3/4), Putri bertemu wakil Amerika Serikat, Iris Wang. Kedua pemain belum memiliki rekor pertemuan.