Piala Sudirman 2023 - Ribka, Putri KW, dan Pitha Siap Tanding

Ribka Sugiarto/Lanny Tria Mayasari (Humas PP PBSI)
Ribka Sugiarto/Lanny Tria Mayasari (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Suzhou | Pemain ganda putri Ribka Sugiarto menyatakan siap jika ditunjuk di laga pembuka Piala Sudirman 2023 antara Indonesia dan Kanada, Senin (15/5) pukul 10.00 waktu setempat di Indoor Arena, Suzhou Olympic Sports Centre, Suzhou, China. Dari hari ke hari di Suzhou, persiapannnya juga dinilainya makin bagus dan performanya meningkat.

"Latihannya harus semangat dan terus tambah semangat. Kalau dipilih, tentu saya sangat siap untuk menyumbangkan poin bagi Indonesia. Ini sekaligus membuktikan saya layak masuk tim Piala Sudirman ini," ujar Ribka yang berpasangan dengan Lanny Tria Mayasari, melalui siaran pers Humas PP PBSI, Minggu (14/5).

Sementara, pemain tunggal putri Putri Kusuma Wardani pun menyebut dirinya juga siap ditampilkan. Diakuinya, persiapannya juga bagus. Dia bisa melahap porsi pelatih dengan optimal. "Kondisi saya termasuk baik di sini. Latihannya juga baik. Saya selalu semangat dan tidak sabar untuk bertanding. Kalau dipercaya tampil, saya ingin menunjukkan kemampuan dan menyumbangkan angka untuk Indonesia," tegasnya.

Pitha Haningtyas Mentari pun mengaku siap jika diturunkan bertanding lawan Kanada. Pemain ganda campuran ini menyebut dirinya dalam kondisi prima dan tidak ada cedera. "Alhamdulillah, kondisi saya oke. Seandainya dipercaya turun, pasti saya dan Rinov Rivaldy akan siap menampilkan permainan terbaik," ujar Pitha.

Setelah memenangi Piala Sudirman pada edisi perdana pada 1989 di Jakarta, hingga edisi ke-17 di Vantaa, Finlandia pada 2021, Indonesia belum pernah lagi juara. Tak heran, penantian panjang selama 34 tahun ingin diakhiri pada gelaran edisi ke-18 kali ini.

Tak heran, Fajar Alfian dan kawan-kawan, demikian serius mempersiapkan diri dalam sesi latihan hari ketiga pada Minggu (14/5). Latihan selama hampir tiga jam di Practice Hall Suzhou Olympic Sports Centre begitu penting untuk menghadapi Kanada.