Rekor Bulutangkis Indonesia di Asian Games

Herry IP Diapit oleh Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan Saat Meraih Medali Emas Asian Games 2014.
Herry IP Diapit oleh Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan Saat Meraih Medali Emas Asian Games 2014. (Foto:PBSI)
Internasional ‐ Created by AH

Asian Games 2018 akan dilaksanakan di Indonesia, tepatnya di Jakarta dan Palembang pada 8 Agustus hingga 2 September mendatang. Bulutangkis menjadi salah satu cabang olahraga yang diharapkan mampu menyumbang medali emas. Harapan tersebut seakan didukung dengan statistik jika Indonesia punya sebuah rekor cukup mentereng di cabang olahraga bulutangkis di Asian Games.

Rekor tersebut menjadi milik nomor ganda putra Indonesia. Bahkan, Indonesia jadi negara tersukses di sektor ini. Sejak cabang olahraga bulutangkis dipertandingkan di ajang Asian Games pada 1962 atau sudah 14 kali, ganda putra Indonesia sukses mempersembahkan tujuh medali emas.

Disusul kemudian Malaysia berada di peringkat kedua dengan koleksi empat medali emas, diikuti Korea dengan raihan dua gelar dan Tiongkok dengan satu gelar. Hanya empat negara yang mampu mencicipi medali emas pada nomor ganda putra ini.

Pada Asian Games edisi sebelumnya yakni pada tahun 2014 di Incheon, Korea Selatan, Indonesia sukses meraih gelar di nomor ganda putra lewat Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Lalu, mampukah Indonesia meneruskan tongkat estafet kejayaan di sektor ganda putra bulutangkis Asian Games? Nampaknya peluang tersebut terbuka lebar. Indonesia bakal menumpukan harapan tersebut di pundak ganda putra terbaik dunia saat ini, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Daftar Ganda Putra Indonesia Peraih Medali Emas Asian Games:

1. Tjun Tjun/Johan Wahyudi - Asian Games 1974 (Teheran, Iran)

2. Christian Hadinata/Ade Tjandra - Asian Games 1978 (Bangkok, Tiongkok)

3. Christian Hadinata/Icuk Sugiarto - Asian Games 1982 (Delhi, India)

4. Rexy Mainaky/Ricky Soebagdja - Asian Games 1994 (Hiroshima, Jepang)

5. Rexy Mainaky/Ricky Soebagdja - Asian Games 1998 (Bangkok, Thailand)

6. Hendra Setiawan/Markis Kido - Asian Games 2010 (Guangzhou, Tiongkok)

7. Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan - Asian Games 2014 (Incheon, Korea Selatan)